Pengaruh Metode Hafalan Mufrodat Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtida'iyyah Darus Salam Pakukerto Sukorejo Pasuruan

Dewi Aminah, 201586020010 (2019) Pengaruh Metode Hafalan Mufrodat Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtida'iyyah Darus Salam Pakukerto Sukorejo Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (cover valid dewi.pdf)
cover valid dewi.pdf

Download (248kB)
[img] Text (الباب الأول.pdf)
الباب الأول.pdf

Download (665kB)
[img] Text (الباب الثالث.pdf)
الباب الثالث.pdf

Download (831kB)
[img] Text (الباب الثاني.pdf)
الباب الثاني.pdf

Download (1MB)
[img] Text (الباب الخامس.pdf)
الباب الخامس.pdf

Download (490kB)
[img] Text (الباب الرابع.pdf)
الباب الرابع.pdf

Download (997kB)
[img] Text (الباب السادس.pdf)
الباب السادس.pdf

Download (498kB)
[img] Text (المراجع.pdf)
المراجع.pdf

Download (445kB)

Abstract

Madrasah Ibtida'iyah Darus Salam Pakukerto Sukorejo Pasuruan adalah sebuah Madrasah yang didalamnya terdapat kelas 4 dengan jumlah 19 siswa. Peneliti mengetahui bahwa tingkat pembelajaran kosa kata bahasa Arab sangat lemah, sehingga nilai prestasi siswa sangatlah rendah. Dengan adanya masalah tersebut peneliti menerapkan metode hafalan kosakata bahasa Arab untuk mengetahui nilai prestasi siswa setelah diadakan metode tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana Metode Hafalan Mufradat terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtida'iyah Darus Salam Pakukerto Sukorejo Pasuruan itu? 2) adakah pengaruh Metode Hafalan Mufradat terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtida'iyah Darus Salam Pakukerto Sukorejo Pasuruan itu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis metode yang digunakan adalah eksperimen pretes dan posttes pada satu sampel (Pretest-Posttest in one group). Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian diadakan bahwa pengajaran dengan menggunakan metode hafalan kosa kata bahasa Arab memiliki signifikan yang kuat dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 4 di Madrasa Ibtida'iyah Darus Salam Pakukerto Sukorejo Pasuruan. Hal ini didasarkan pada hasil akhir dapat diketahui rata-rata nilai pretes 44.737 dan rat-rata nilai posttes 53.368 sedangkan hasil uji nilai koefisien korelasi sebesar 0.996 dengan nilai signifikansi (sig) sebesar 0.000. maka dapat dilihat dari hasil tersebut ada hubungan antara variabel pretes dengan variabel posttes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 AMI P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur Rokhmatulloh, S.Pd, M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 28 Sep 2019 14:00
Last Modified: 02 Mar 2022 06:43
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item View Item