Efektivitas Penggunaan Teka-Teki Silang Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan

Lailul Mufarida, 201586020001 (2019) Efektivitas Penggunaan Teka-Teki Silang Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (1. COVER.pdf)
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4.pdf)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6.pdf)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Mata pelajaran bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran yang ada di Madrasah Diniyah Darut Taqwa. Ada banyak strategi dan metode untuk bisa mengajarkan materi bahasa Arab. Begitu juga dengan sumber dan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Secara umum, media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pembelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang di manfaatkan untuk tujuan pembelajaran atau pelatihan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:Bagaimana efektivitas penggunaan TTS terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa Madrasah diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan? Apa kekurangan dan kelebihan dari penggunaan TTS terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa Madrasah diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan? Dan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan TTS terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa Madrasah diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan. (2) Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari penggunaan TTS terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa Madrasah diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Adapun bentuk desain eksperimen yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan menggunakan pola one group pretest-posttest yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Dengan demikian dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan diadakan sebelum diberi perlakuan . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang dapat meningkatkan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas lima di madrasah diniyah Darut Taqwa dengan indicator keberhasilan: 1) selama pembelajaran berlangsung siswa tampak senang, antusias, dan bersemangat. 2) hasil penelitian siswa lebih baik dan meningkat daripada hasil yang mereka dapatkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MUF E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDrs. Syaifullah, M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 24 Nov 2019 15:57
Last Modified: 02 Mar 2022 06:44
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item