NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM JAM'IYAH SHALAWAT AL-BANJARI AL-MUSTAFIDAH DI PONDOK PESANTREN NGALAH PURWOSARI PASURUAN

Muhammad Abdul Jalil, 201586010018 (2019) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM JAM'IYAH SHALAWAT AL-BANJARI AL-MUSTAFIDAH DI PONDOK PESANTREN NGALAH PURWOSARI PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (bab 1.pdf)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2.pdf)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3.pdf)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4.pdf)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5.pdf)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (bab 6.pdf)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka dll.pdf)
daftar pustaka dll.pdf

Download (963kB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah hal penting dalam sebuah kehidupan, yakni menjadikan pribadi lebih baik patuh terhadap ajaran agama, saling menghargai dan menghormati serta bersungguh-sungguh dalam sebuah cita-cita. Penerapan nilai pendidikan karakter perlu wadah seperti sebuah lembaga dalam prosesnya. Penelitian ini dilatar belakangi dengan pendeskripsian sebuah lembaga, berupa organisasi minat bakat untuk membuktikan bahwa terdapat penerapan nilai pendidikan karakter yakni nilai religius, toleransi, dan kerja keras pada proses menjalankan kegiatan. Studi ini dimaksudkan untuk membuktikan dan menjawab permasalahan: “Bagaimana nilai pendidikan karakter dalam jam'iyah shalawat al-banjari al-mustafidah di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan ?� permasalahan dan pembuktian tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan pada jam'iyah shalawat al-banjari al-mustafidah Pondok Pesantren Ngalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang data-datanya berupa kata-kata, gambar. Data yang didapatkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, dokumentsi, dan observasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: penerapan pendidikan karakter pada jam'iyah shalawat al-banjari al-mustafidah dilaksanakan pada kegiatan-kegiatan yang tersusun dan dilaksanakan oleh seluruh anggota jam'iyah shalawat al-banjari al-mustafidah, penerapannya sendiri dilaksanakan dengan metode motivasi, pembiasaan, dan keteladanan pada progam kerja harian, bulanan, dan tahunan. Dan sikap dan tindakan anggota jam'iyah shalawat al-banjari al-mustafidah dengan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter religius, toleransi, dan kerja keras. Nilai religius bahwa jam'iyah shalawat al-banjari al-mustafidah dalam penerapan nilai religius yakni dengan adanya pemberian motivasi, pembiasaan, dan keteladanan disetiap kegiatannya seperti salam pembuka dan penutup, doa pembuka dan penutup, dan mengerjakan sholat 5 waktu di sela-sela kegiatan. Nilai toleransi bahwa jam'iyah shalawat al-banjari al-mustafidah dalam penerapan nilai toleransi yakni dengan pemberian motivasi, pembiasaan, dan keteladanan pada setiap kegiatan yang dilaksanakan seperti saling menghargai, sopan, santun, dan saling memberikan pengertian anggota satu dengan yang lain. Nilai kerja keras bahwa jam'iyah shalawat al-banjari al-mustafidah dalam penerapan nilai kerja keras yakni dengan adanya pemberian motivasi, pembiasaan, dan keteladanan pada setiap kegiatan yang dilaksanakan seperti bersaing dalam meningkatkan kemampuan, trus berusaha dalam mencapai target dalam ber musik, kerjasama dalam penyiapan kebutuhan latian atau penampilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.77 JAL P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Muhammada, S.Pd.I., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 07 Nov 2019 13:27
Last Modified: 02 Mar 2022 06:45
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item View Item