Kemampuan Pemahaman Bacaan Arab Melalui Metode Qowaid Dan Terjemah Untuk Siswa Kelas Dua Di MA Sunan Ampel Baujeng Beji

Putri Maulidiya Ningsih, 201586020009 (2019) Kemampuan Pemahaman Bacaan Arab Melalui Metode Qowaid Dan Terjemah Untuk Siswa Kelas Dua Di MA Sunan Ampel Baujeng Beji. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (cover.pdf)
cover.pdf

Download (663kB)
[img] Text (daftar isi.pdf)
daftar isi.pdf

Download (626kB)
[img] Text (lampiran.pdf)
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (الفصل الأول.pdf)
الفصل الأول.pdf

Download (650kB)
[img] Text (الفصل الثالث.pdf)
الفصل الثالث.pdf

Download (844kB)
[img] Text (الفصل الثاني.pdf)
الفصل الثاني.pdf

Download (839kB)
[img] Text (الفصل الخامس.pdf)
الفصل الخامس.pdf

Download (853kB)
[img] Text (الفصل الربع.pdf)
الفصل الربع.pdf

Download (886kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan serta mengkaji secara kritis mengenai kemampuan pemahaman teks arab yang pada dasa ya pemahaman ini sangat penting dari pemahaman aspek keterampilan membaca yang meliputi beberapa indicator pemahaman teks yaitu : 1) memahami makna kata, 2) memahami makna kalimat dan 3) memahami makna paragraf, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami teks arab dengan menggunakan metode tarjamah yang biasa dikenal dengan metode qowaid tarjamah yang meliputi beberapa aspek penting yaitu nahwu dan shorof. Aspek aspek tersebut perludi perhatikan agar siswa bias memahami danmelatih keterampilan membaca terutama dalam membaca teks arab. Berdasarkanhaltersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan penyajian baca teks arab melalui metode qowaid dan terjemah pada siswa kelas dua MA Sunan Ampel Baujeng dan bagaimana kemampuan baca teks arab melalui metode qowaid dan terjemah pada siswa kelas dua MA Sunan Ampel Baujeng.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penyajian dengan kemampuan siswa dalam membaca teksarab melalui metode qowaid dan terjemah. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian terapan yang digunakan segera demi keperluan tertentu. Hasil penelitian ini tidak perlu sebagai suatu penemuan baru, tetapi merupakan aplikasi baru dari penelitian yang telahada. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan untuk penggalian data adalah observasi, dokumentasi, angketdantes (pretes-postes).Angket disini untuk mengetahui seberapa besar minat siswa dalam pembelajaran bahasa arab di suatu lembaga dan saat berada dikelas angket diberikan kepada siswa dengan 25 pertanyaan yang harus dijawaboleh 28 siswa. Pada tes ini dilakukan dua tahap. Tahap yang pertama tes membaca teks arab tanpa menggunakan metode qowaid dan terjemah, tahap kedua tes membaca teks arab dengan menggunakan metode qowaid dan tejemah. Dari hasil perhitungan akhir test dan angket yang sudah dikerjakan oleh siswa biasa disimpulkan bahwa siswa cukup memahami baca teks arab baik menggunakan metode ataupun tidak hasil terendah test baca teks arab tanpa menggunakan metode adalah 70 dan 76 dan nilai tertingginya adalah 80 dan 90. Sedangkan hasil tes baca teks arab menggunakan metode qowaid terjemah adalah 56 dan 76 untuk nilai terrendah dan untuk nilai tertingginya adalah 78 dan 89. Dari hasil tes tersebut biasa disimpulkan bahwa penerapan penyajian dan juga kemampuan baca teks arab melalui metode qowaid dan terjemah sudah diterapkan dengan cukup baik meskipun banyak kesulitan untuk menerapkan metode tersebut. Hasil dari penelitian ini nantinya diharapkan bias menggugah semangat siswa serta pihak sekolah untuk terus berusaha melakukan perbaikan-perbaikan dalam pendidikan dengan melihat kondisi psikologi siswa serta pelajaran yang ada. Hingga pada akhi ya bias melahirkan para generasi yang cakap dan mempuni.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 NIN K
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHasan Syaiful Rizal, S.PdI., M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:13
Last Modified: 02 Mar 2022 06:45
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item