PENGARUH METODE ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA 45 PURWODADI

Tri Wulan Sari, 201586010088 (2019) PENGARUH METODE ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA 45 PURWODADI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text (lampiran.pdf)
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian didasari atas permasalahan bahwa pembelajaran PAI di SMA 45 Purwodadi masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, akibatnya motivasi dan aktivitas siswa masih rendah, siswa cenderung pasif, siswa suka bermain dengan teman saat guru sedang memberikan materi, siswa yang masih keluar masuk kelas, dan berdampak pada kurangnya motivasi mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui bagaimana penerapan metode ice breaking dalam pembelajaran pendidikan agama islam sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMA 45 Purwodadi? 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode ice breaking terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam kelas X di SMA 45 Purwodadi? Penelitian ini dilakukan di SMA 45 Purwodadi. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen, pola eksperimen yang digunakan desain satu kelompok, one-group pretest dan posttest. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, dan uji t-paired sampel t-test. instrumen pengumpulan data peneliti menggunakan angket (kuesioner) yang terdiri dari 2 macam yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) dalam penerapan metode ice breaking ini, membuat siswa menjadi lebih senang dan termotivasi dalam pelajaran pendidikan agama islam, mereka juga aktif masuk kelas, mereka fokus dalam proses pembelajaran sehingga kelas lebih kondusif; 2) menggunakan metode ice breaking dalam pembelajaran mempunyai pengaruh yang positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 77,34, dan 87,56 setelah diperlakukan ice breaking. Selain itu ditunjukkan dengan sig (2-Tiled) sebesar 0,000<0,05 dan t hitung 6,114>2,03, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga disimpulkan ada pengaruh metode ice breaking terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam kelas X SMA 45 di Purwodadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Ahmad Marzuki, S.PdI.,M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 03 Nov 2019 09:11
Last Modified: 02 Mar 2022 06:49
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item