PENDIDIKAN KARAKTER SALIK TAREKAT NAQSYABANDIYAH MUJADDADIYAH KHALIDIYAH (Studi Kasus Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan)

Mahdi Kavin Abdah, 201586010109 (2019) PENDIDIKAN KARAKTER SALIK TAREKAT NAQSYABANDIYAH MUJADDADIYAH KHALIDIYAH (Studi Kasus Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (1. Cover Dst (dengan scan).pdf)
1. Cover Dst (dengan scan).pdf

Download (820kB)
[img] Text (2. BAB I.pdf)
2. BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text (3. BAB II.pdf)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (4. BAB III.pdf)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (5. BAB IV.pdf)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (6. BAB V.pdf)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (7. BAB VI.pdf)
7. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (8. DAFTAR PUSTAKA.pdf)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara empiris mengenai pendidikan karakter Salik Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah khususnya di Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan beberapa tahapan yaitu identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi. Selanjutnya peneliti menggunakan pendekatan-pendekatan kualitatif dan menganalisa data untuk mendapatkan keterangan yang mendalam dari obyek yang bersangkutan. Pendidikan Karakter di definisikan sebagai suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti. Salik, Yaitu murid Tarekat (para penempuh jalan ruhani). Yang dimaksud Salik di sini adalah santri yang sudah baiat Tarekat. Karakter Salik, diantaranya sering kali mempunyai rasa bersalah dan takut merasa dirinya paling benar, selalu rendah hati (tidak sombong) dan tidak mudah menyakiti hati, terus menerus sabar serta ikhlas menghadapi segala ujian hidup, merasa miskin setelah memperoleh kekayaan, merasa hina setelah mendapatkan kemuliaan, dan menyamarkan dirinya setelah terkenal. Tarekat, berasal dari bahasa Arab “طَرِيْقَةْ (Thoriqoh)” yang secara harfiah berarti jalan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai Pendidikan Karakter apa saja yang terdapat dalam Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah di Pondok Pesantren Ngalah? 2) Bagaimana amalan Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah di Pondok Pesantren Ngalah dalam membentuk karakter Salik?. Nilai-nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan amalan Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah adalah nilai karakter religius, kerja keras, toleransi, disiplin, jujur, komunikatif, demokratis, tanggung jawab, semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Jadi di dalam pendidikan karakter Salik Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah ini semata-mata untuk menjadikan Salik sebagai Insan al-Kamil (bahagia dunia-akhirat). Sebab terdapat dua (tujuan) khusus, yaitu Soleh dalam bidang ritual dan Soleh dalam bidang sosial”. Dengan kata lain, seorang Salik jika memang benar-benar sungguh-sungguh dan istiqamah di dalam mengamalkan Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah ini. Maka sebab dzikrullah, nanti dengan sendirinya karakter Salik tersebut akan mulai ada perubahan sedikit demi sedikit akibat hatinya bersih selalu digunakan untuk menyebut nama Allah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. H. Saifulah. MHI., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 04 Oct 2019 14:59
Last Modified: 02 Mar 2022 06:49
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item