PENGARUH METODE GRAMATIKA-TERJEMAH TERHADAP PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS 4 MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL ULUM TUTUR PASURUAN

Sutikno, 201586020022 (2019) PENGARUH METODE GRAMATIKA-TERJEMAH TERHADAP PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS 4 MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL ULUM TUTUR PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Berasarkan observasi awal, terlihat siswa kelas 4 Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tutur Pasuruan masih lemah dalam memahami susunan kalimat bahasa Arab. Karena tidak adanya metode pembelajaran yang tepat. Dengan menerapkan metode gramatika-terjemah, peneliti berharap siswa dapat lebih memahami susunan kalimat bahasa Arab. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan metode gramatika-terjemah terhadap pembelajaran maharah al-kitabah kelas 4 Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tutur Pasuruan? 2. Bagaimana prestasi belajar siswa kelas 4 Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tutur Pasuruan sebelum dan sesudah menggunakan metode gramatika-terjemah terhadap pembelajaran maharah al-kitabah?3. Bagaimana pengaruh metode gramatika-terjemah terhadap pembelajaran maharah al-kitabah siswa kelas 4 Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tutur Pasuruan? Untuk menjawab pertanyaan diatas penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dimana data penelitian dikumpulkan dengan tehnik observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penerapan metode gramatika-terjemah dalam pembelajaran maharah al-kitabah di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tutur Pasuruan diterapkan dengan cara: Pertama-tama para siswa diberikan penjelasan mengenai kaidah-kaidah gramatika dan daftar kosa kata bahasa yang berkaitan erat dengan bahan bacaan pada pelajaran yang sedang dipelajari. Setelah kaidah-kaidah dan kosa kata dipelajari, siswa diberi petunjuk-petunjuk penerjemahan dan latihan-latihan yang mengikuti penjelasan–penjelasan ketatabahasaan.2. Prestasi belajar siswa kelas 4 Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tutur Pasuruan sebelum menggunakan metode gramatika-terjemah mencapai rata–rata nilai sebesar 57%. Adapun prestasi belajar siswa kelas 4 Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tutur Pasuruan sesudah menggunakan metode gramatika-terjrmah mencapai rata–rata nilai sebesar 77%. 3. Berdasarkan hasil dari hipotesa, menunjukkan bahwa metode gramatika-terjemah berpengaruh terhadap maharah al-kitabah di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tutur Pasuruan karena prestasi siswa setelah menggunakan metode gramatika-terjemah lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi siswa sebelum menggunakan metode gramatika terjemah dengan selisih 20%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 SUT P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Syarifuddin, S.Pd., M.Pd, MA. TESOL, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 23 Sep 2019 10:47
Last Modified: 02 Mar 2022 06:50
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item