KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI DALAM BUKU DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM

Evi Lusiana Dewi, 201786010060 (2021) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI DALAM BUKU DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010060_BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010060_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010060_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010060_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010060_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010060_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010060_COVER DEPAN.pdf

Download (644kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010060_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Ilmu pengetahuan memang sangat penting dalam sebuah kehidupan, jika tanpa ilmu maka tingkah laku manusia akan selaksana binatang, yakni tak berakal dan tak bermoral. Dengan adanya ilmu dalam pendidikan maka seseorang akan terdidik, terlatih, teratur, serta terkondisikan sesuai perkembangan zaman di era global dan millenial tanpa mudah dan atau tidak gampang terpengaruh oleh doktrin-doktrin atau paham-paham radikal dari budaya luar. Pendidikan Islam sangatlah ideal untuk diterapkan di dalam dunia pendidikan, baik akademik maupun non-akademik, kemudian disinergikan kepada pendidikan Islam yang telah menembus berbagai dimensi kependidikan yang dilancarkan untuk melakukan perubahan, pandangan, pikiran dan tindakan umat Islam dalam menghadapi kemajuan zaman dan juga tantangannya. Adapun fokus penelitian penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran secara umum buku dasar-dasar pendidikan Islam dalam perspektif Muhammad ‘Athiyah al-Abrasyi. 2) Bagaimana pemikiran Muhammad Athiyah al-Abrasyi tentang Konsep pendidikan Agama Islam dalam buku dasar-dasar pendidikan islam. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) MengetahuiGambaran secara umum buku dasar-dasar pendidikan Islam dalam perspektif Muhammad ‘Athiyah al-Abrasyi. 2) Mengetahui Pemikiran Muhammad Athiyah al-Abrasyi tentang Konsep pendidikan Agama Islam dalam buku dasar-dasar pendidikan islam. Untuk itu peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), Dalam jenis penelitian ini, pembahasan terhadap masalah yang diteliti dilakukan dengan menghimpun pendapat Athiyah Al-Abrasyi sebagai salah satu tokoh terkemuka dari para ahli di bidang pendidikan agama Islam yang telah dituangkan pada ucapan-tulisannya. Hasil penelitian ini diantaranya adalah pengertian belajar dan pendidikan, guru dan murid, Andil wanita dalam pendidikan, Tujuan pendidikan Islam, Prinsip-prinsip dasar pengajaran pendidikan, metode-metode pengajaran. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: Gambaran secara umum buku dasar-dasar pendidikan Islam dalam perspektif Muhammad ‘Athiyah al-Abrasyi adalah a) Belajar dan pendidikan, guru dan murid, dan Andil wanita dalam pendidikan. Sedangkan konsep pendidikan Islam perspektif Muhammad ‘Athiyah-al-Abrasyi dalam buku dasar-dasar pendidikan Islam juga meliputi 3 point a) tujuan-tujuan pendidikan Islam b) prinsip-prinsip dasar pengajaran c) metode-metode pengajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.77 DEW K
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Asrul Anan, S. Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 26 Dec 2021 09:51
Last Modified: 03 Jul 2023 02:00
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item