IMPLEMENTASI METODE MUROJA'AH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUS AMMA DI TK MA'ARIF NU XVI AL KAUTSAR

Fina Masruroh, 201786010009 (2021) IMPLEMENTASI METODE MUROJA'AH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUS AMMA DI TK MA'ARIF NU XVI AL KAUTSAR. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010009_BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010009_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010009_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010009_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010009_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010009_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010009_COVER DEPAN.pdf

Download (710kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010009_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Masruroh, Fina, 2021. Implementasi Metode Muraja'ah Dalam Pembelajaran Tahfidz Juz Amma di TK Ma'arif NU XVI Al Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan. Skripsi. Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Yudharta Pasuruan. Pembimbing: Dr. Achmad Yusuf, S. PdI., M. Pd. Kata Kunci:: Implementasi, Metode Muraja'ah, Pembelajaran Tahfidz Juz Amma. Pendidikan formal TK Ma'arif NU XVI Al Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan adalah salah satu dari sekian pendidikan formal yang memiliki program khusus pengajaran pembelajaran tahfidz juz amma sejak tahun 2010. Model dan metode pengajaran yang digunakan adalah metode muraja'ah yang mana hal ini efektif digunakan untuk peserta didik anak usia dini dan dapat mempermudah siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan metode muraja'ah dalam pembelajaran tahfidz juz amma. (2) Implementasi metode muraja'ah dalam pembelajaran tahfidz juz amma. (3) Evaluasi metode muraja'ah dalam pembelajaran tahfidz juz amma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder. Data tersebut dikumpulkan dengan teknik (a) Wawancara mendalam, (b) Observasi partisipan, dan (c) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data data temuan dilakukan dengan kepercayaan (credibitity), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini, (1) Perencanaan metode muraja'ah dalam pembelajaran tahfidz juz amma dilakukan setiap awal tahun ajaran baru. Dalam perencanaan ini, pihak sekolah menentukan jadwal pembelajaran tahfidz serta memepersiapkan pendidik atau guru khusus dalam bidang tahfidz. (2) Implementasi metode muraja'ah dalam pembelajaran tahfidz juz amma ini dilakukan dengan menggunakan metode muraja'ah yang dibimbing oleh guru khusus tahfidz yang sudah memiliki pengalaman sehingga siswa dapat mudah dalam menerima proses pembelajaran tahfidz juz amma. (3) Evaluasi metode muraja'ah dalam pembelajaran tahfidz juz amma dilakukan dengan cara siswa melakukan setoran hafalannya setiap dua minggu sekali ke guru tahfidznya, untuk mengetahui bagaimana kemampuan peserta didik dalam mengembangkan potensi yang dia miliki. Dengan harapan agar dapat menjadikan siswa itu menjadi peserta didik yang mampu mengembangkan bakat dan minatnya, sehingga lembaga pendidikan ini dapat menghasilkan atau memberi bekal dan pengalaman bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MAS I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Achmad Yusuf, S. Pdi., M. Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 22 Dec 2021 11:43
Last Modified: 10 May 2023 03:54
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item