PENGGUNAAN MEDIA JAM TAJWID DAN DADU DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN KELAS 4 DI SDN SUKORENO 3 PRIGEN

Diastutik Istiqomah, 201486010094 (2018) PENGGUNAAN MEDIA JAM TAJWID DAN DADU DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN KELAS 4 DI SDN SUKORENO 3 PRIGEN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Media adalah perantara (alat) untuk membantu guru mempermudah proses pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan guru, dengan cara memanfaatkan media dengan baik, tujuan pendidik dapat tercapai dengan maksimal dan sesuai dengan apa yang di inginkan yakni peserta didik mampu dalam pembelajaran baca tulis al-qur'an, media yang digunakan yakni media jam tajwid dan dadu Dari pemaparan yang ada, Fokus Penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penggunaan media jam tajwid dan dadu dalam pembelajaran baca tulis al-qur'an kelas 4 di SDN Sukoreno 3 Prigen; 2) Kelemahan dan kelebihan media jam tajwid dan dadu baca tulis al-qur'an kelas 4 di SDN Sukoreno 3 Prigen. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang mana dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian ini dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara teknik trianggulasi data dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Dari penelitian yang telah dilakukan, penggunaan media jam tajwid dan dadu dalam pembelajaran baca tulis al-qur'an dapat diterima siswa, dengan adanya penggunaan media ini siswa menjadi lebih aktif dan bisa memahami tentang hukum nun sukun dan tanwin. Sedangkan kelemahan media jam tajwid dan dadu ini dapat dilihat dari penggunaan media ini harus di persiapkan waktu yang lebih untuk menciptakan kelas yang kondusif pada saat pembelajaran baca tulis al-qur'an agar maksimal, dari ukuran yang kurang menyeluruh dilihat siswa, pendidik diharap dapat mengendalikan kelas agar terfokus pada media jam tajwid dan dadu, kelebihan media jam tajwid dan dadu ini dapat dilihat keantusiasan siswa dan keaktifan siswa dalam belajar, dan melatih arti kebersamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 IST P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAchmat Mubarok, S.PdI., M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 09 Sep 2018 07:11
Last Modified: 02 Mar 2022 06:52
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1399

Actions (login required)

View Item View Item