Amiroh Mubailah Wachyuni, 201686010019
(2020)
MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KEAGAMAAN DI MADRASAH DINIYAH ISLAMIYAH PATEGUHAN GONDANGWETAN PASURUAN.
Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Full text not available from this repository.
(
Request a copy)
Abstract
Minat seseorang dalam proses belajar mengajar sangat penting untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Tanpa adanya minat, seseorang tidak akan mampu melakukan sesuatu dengan sepenuh hati. Apalagi dalam pembelajaran keagamaan di Madrasah diniyah, yang mana merupakan suatu hal sensitive yang menyangkut perihal agama. Maka, perlu adanya pengetahuan mengenai minat seorang siswa dalam pembelajaran keagamaan di Madrasah Diniyah Islamiyah guna mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dalam penelitian ini ada dua meliputi data primer, dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik (a) wawancara mendalam, (b) observasi partisipan, dan (c) studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan (a) triagulasi sumber, (b) triangulasi waktu, dan (c) triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat seseorang dalam pembelajaran keagamaan di Madrasah Diniyah Islamiyah dapat dilihat dari (a) pertambahan jumlah siswa yang masuk pada tiap tahunnya, serta (b) antusiasme siswa dalam menjalani pembelajaran di madrasah diniyah. Adapun faktor penghambat proses pembentukan kepribadian siswa ini bisa berupa faktor (a) kurang sada ya orang tua dalam hal agama serta (b) adanya full Day School. Sedangkan faktor pendukung proses pembentukan kepribadian siswa adalah (a) berubahnya anggapan masyarakat mengenai urgensi pendidikan keagamaan (b) munculnya tokoh-tokoh milenial yang menjunjung tinggi sikap religious yang berasal dari pembelajaran keagamaan (c) adanya Perbub Pasuruan no 21 tahun 2016 tentang Wajib Belajar Madrasah Diniyah (d) ajang bersosial dengan teman.
Actions (login required)
|
View Item |