Penerapan Metode Audio-Lingual Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Arab Di KelasVII Mts Miftahul Khoir Jatiarjo Prigen Pasuruan

Ilusia Insyirah, 201786020030 (2021) Penerapan Metode Audio-Lingual Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Arab Di KelasVII Mts Miftahul Khoir Jatiarjo Prigen Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020030_BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020030_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020030_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020030_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020030_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020030_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020030_COVER DEPAN.pdf

Download (723kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020030_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (751kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab adalah ilmu yang mencakup empat keterampilan yang harus dicapai oleh peserta didik. Salah satunya adalah keterampilan membaca atau Maharah Qiroah. Di MTs Miftahul Khoir Jatiarjo Prigen Pasuruan Khususnya di kelas VII, Maharah Qiroah merupakan keterampilan yang kurang dikuasai oleh peserta didik dan dianggap sulit oleh sebagian siswa. Hal itu dikarenakan latar belakang pendidikan peserta didik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, guru bahasa Arab di MTs Miftahul Khoir Jatiarjo Prigen Pasuruan menerapkan metode Audio-lingual dalam pembelajaran Maharah Qiroah. Metode Audio-lingual merupakan salah satu metode pengajaran bahasa Arab yang mengutamakan latihan pendengaran dan pengucapan secara berulang-ulang. Identifikasi masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode Audio-lingual dalam meningkatkan kemampuan membaca Arab di kelas VII MTs Miftahul Khoir dan apa saja faktor penghambat dan pendukung metode Audio-lingual dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kls VII Mts Miftahul Khoir? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode Audio-lingual dalam meningkatkan kemampuan membaca Arab di kelas VII MTs Miftahul Khoir dan apa faktor pendukung dan penghambat dari metode Audio-lingual yang diterapkan di kelas VII MTS Miftahul Khoir Jatiarjo Jatiarjo Prigen Pasuruan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, guru bahasa Arab, dan siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah penggunaan metode Audio-lingual dalam pembelajaran Maharah qiroah pada siswa kelas VII di MTs Miftahul Khoir. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran Maharah Qiroah dengan metode Audio-lingual di kelas VII MTs Miftahul Khoir Jatiarjo Prigen diawali dengan persiapan, seperti menyusun silabus, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mempersiapkan materi yang akan diajarkan. Kemudian langkah pelaksanaan, yaitu guru membacakan teks bahasa arab, siswa menyimak lalu menirukan apa yang telah dibacakan oleh guru secara bersama-sama dan berulang-ulang. Guru menterjemahkan bacaan tersebut, kemudian siswa membacakan kembali bacaan tersebut bersama temannya secara bergantian. Kemudian langkah Evaluasi, yaitu evaluasi tertulis dengan cara siswa menjawab soal-soal secara tertulis yang ada di buku paket, sedangkan evaluasi tidak tertulis yaitu dengan penilaian praktik membaca yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 INS P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Nur Rokhmatullah, S. PdI., M.S.I, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 03 Aug 2021 12:51
Last Modified: 01 Jul 2023 02:39
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item View Item