BIANGSILA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TAJWID UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADIN CHILDREN DARUT TAQWA

Bayu Muhsinul Muhyi, 201786010069 (2021) BIANGSILA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TAJWID UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADIN CHILDREN DARUT TAQWA. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pembelajaran Mata Pelajaran Tajwid Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Madin Children Darut Taqwa Dosen pembimbing H.Ali Muhtarom S.Pd.,M.Ag Media merupakan alat bantu mengajar, termasuk salah satu komponen lingkungan belajar yang dirancang oleh pembelajar. Media pembelajaran merupakan upaya kreatif dan sistematis untuk menciptakan pengalaman yang dapat membelajarkan peserta didik, sehingga pada akhi ya dihasilkan lulusan yang berkualitas. Pemanfaatan media pembelajaran yang optimal perlu didasarkan pada kebermaknaan dan nilai tamabah yang dapat diberikan kepada peserta didik melalui pengalaman belajar yang menggunakan media pembelajaran Penggunaan media dalam pengajaran di kelas merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat diabaikan. Hal ini dapat dipahami mengingat proses belajar yang dialami siswa tertumpu pada berbagai kegiatan menambah ilmu dan wawasan untuk bekal hidup di masa sekarang dan masa akan datang.. Disamping mampu menggunakan media, guru dituntut untuk dapat menambah kemampuan diri berupa keterampilan dalam pengadaan media pembelajaran.dalam pembuatan media pembelajaran tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal ka a dapat membuatnya dari barang-barang bekas termasuk biang sila yang di buat dari barang bekas Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkat prestasi pada pembelajaran Tajwid di Madin Children Darut Taqwa Purwosari dan untuk mengetahui efektifitas media Biangsila di Madin Children Darut Taqwa Purwosari. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa-siswi Children Darut Taqwa Purwosari berjumlah 200 responden. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas III A sebanyak 20 siswa dengan menggunakan teknik One Grup Pretest- Posttest. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan Analisis Uji-t Paired sebesar Sig data 0,00, untuk uji normalitas Sig data 0,610 pada pre test dan 587 pada post test, pada uji validitas nilai r hitung 0,884 dan uji reliabilitas nilai Cronbach's Alpha adalah 0,936. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data Setelah diterapkan media biang sila te yata lebih efektif dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal itu dapat dibukti dengan hasil analisi out put diatas sig data pretest adalah 0,610 maka lebih besar dari 0,05, sehingga data tersebut dapat dikatakan berdistribusi normal, untuk data posttest adalah 0,587 maka lebih besar dari 0,05 sehingga data tersebut dapat dilakukan berdistribusi normal, jadi dapat disimpulkan bahwa data posttest dan pretest dapat dikatakan berdistribusi normal. Kata Kunci: Media Biang sila, Prestasi pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MUH B
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Ali Muhtarom, S.Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 27 Sep 2021 09:11
Last Modified: 10 May 2023 03:50
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item View Item