Nuril Hadida Okta Viani, 201769040013 (2021) MEDIA PENGENALAN WARNA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY KARAKTER HEWAN 3D UNTUK ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201769040013_BAB I.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201769040013_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201769040013_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201769040013_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201769040013_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201769040013_COVER DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201769040013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
|
Text (LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf)
201769040013_LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan dasar yang pertama. Pada Pos PAUD Tunas Bangsa Martopuro, hal dasar yang pertama diajarkan adalah mengenal angka, huruf dan wa a, namun sebagian siswa belum mengenal wa a. Dalam hal mempelajari WARNA proses pembelajaran yang dilakukan yaitu, pembelajaran menggunakan buku dan dengan barang yang ada sebagai alat peraga. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang tertarik untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam mengenal WARNA serta menarik dan meningkatkan minat belajar siswa. Aplikasi ini menggunakan teknologi Augmented Reality yang menyajikan interaksi menarik bagi siswa, karena siswa dapat merasakan objek virtual seolah-olah ada di lingkungan nyata. Aplikasi ini dibangun dengan software Unity 3D, metode SDLC (Software Development Life Cycle) untuk metode pengembangan software. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi media pembelajaran pengenalan WARNA menggunakan teknologi Augmented Reality dengan Marker Based Tracking. Berdasarkan hasil uji coba proses belajar sebelum menggunakan aplikasi, presentase siswa yang menjawab benar sebesar 45% (belum tuntas). Hasil uji coba proses belajar setelah menggunakan aplikasi mengalami peningkatan presentase sebesar 70% (tuntas)
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 005.5 VIA M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Karya Umum > Ilmu Umum dan Komputer | ||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika | ||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2021 13:40 | ||||||
Last Modified: | 11 Mar 2023 05:33 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1452 |
Actions (login required)
View Item |