PENGARUH SOMATIC, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI MIFTAHUL ULUM CURAHREJO I SUKOREJO

M. Misbahul Munir, 201686010051 (2020) PENGARUH SOMATIC, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI MIFTAHUL ULUM CURAHREJO I SUKOREJO. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa. Personil yang berhubungan langsung dengan tugas penyelenggaraan pendidikan yaitu kepala sekolah dan guru. Standar kompetensi guru mencakup kompetensi inti dimana guru harus memperhatikan sikap dan cara dalam berkomunikasi, guru harus beradaptasi dengan tempat sesuai dengan kondisi sosial budaya, dan guru harus berkomunkasi dengan komunitas profesi dan profesi lain Salah satu model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dikelas yaitu model pembelajaran SAVI yang merupakan kepanjangan dari (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Pengajaran yang efektif adalah seorang guru dapat menentukan apakah suatu hasil belajar yang diinginkan telah benar benar tercapai, atau sampai dimanakah hasil belajar yang diinginkan telah tercapai. Tujuan dari peneliti ini adalah : 1) Untuk Mengetahui Pengaruh Somatic, Auditori, Visual, Dan Intelektual (SAVI) Terhadap Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih Kelas V Di MI Miftahul Ulum Curahrejo I Sukorejo. 2) Untuk Mengetahui Penggunaan Somatic, Auditori, Visual, Dan Intelektual (SAVI) Terhadap Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih Kelas V Di MI Miftahul Ulum Curahrejo I Sukorejo. Untuk mencapai tujuan di atas, Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang berjumlah 20 soal pilihan ganda, Observasi, Dokumentasi, sedangkan data kuantitatif di analisis dengan menggunakan data statistik nilai pre test dan post test serta menguji nilai tersebut dengan Uji Paired-Sampels T-tes dalam perhitungan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan SAVI terhadap pembelajaran Fiqih terdiri dari beberapa tahap yang disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013, yakni tahap persiapan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan akhir pembelajaran. 2) Dari hasil uji paired sample test didapat hasil sig (2-tailed) yaitu 0,000 dan diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka hasilnya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pre test dan post test. Sehingga dari hasil ini dapat kita simpulkan bahwa melalui penggunaan SAVI terhadap mata pelajaran FIQIH terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Curahrejo 1 Sukorejo

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MUN P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Achmad Yusuf, S. Pdi., M. Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 27 Sep 2020 08:40
Last Modified: 02 Mar 2022 06:54
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1455

Actions (login required)

View Item View Item