Rohmatulloh, 201786010057 (2021) KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA PERSPEKTIF MOH. HAITAMI SALIM. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201786010057_BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201786010057_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201786010057_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201786010057_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201786010057_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201786010057_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010057_COVER DEPAN.pdf Download (552kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010057_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan untuk mengembangkan seluruh potensi dan aspek kepribadian manusia. Pendidikan yang dimaksud bukan hanya pendidikan yang berlangsung di dalam kelas untuk waktu yang terbatas, yang sering disebut dengan pendidikan formal. Namun termasuk semua kegiatan yang mengandung unsur pembinaan setiap potensi dasar yang dimiliki manusia kapanpun dan dimanapun dilakukan. Oleh karena itu pendidikan dikatakan sebagai sarana utama pengembangan kepribadian manusia. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi konsep pendidikan agama islam dalam keluarga, metode pendidikan agama islam dalam keluarga dan materi ajar Moh. Haitami Salim sebagai sumber data primer. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah metode analisis wacana dan interpretasi teks, yaitu mengungkap maksud tersembunyi dari komunikator yang membuat pe yataan dan menafsirkan bahasa yang muncul. Di sini bahasa atau teks yang muncul tidak diterima apa adanya, tetapi diperlakukan sebagai perantara pengungkapan makna dan makna tertentu. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pendidikan keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama tempat anak memperoleh pendidikan dan bimbingan dari orang tua atau anggota keluarga lainnya. Dalam keluarga disinilah tempat meletakkan dasar-dasar kepribadian, keyakinan agama, nilai-nilai maksiat, dan keterampilan anak sehingga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan anak dalam belajar. Pentingnya pendidikan agama islam dalam keluarga sangat jelas karena merupakan wahana untuk mengembangkan sumber daya manusia, mensosialisasikan anak, mengembangkan kemampuan seluruh anggota keluarga agar dapat menjalankan fungsinya dalam masyarakat dengan baik, serta memberikan kepuasan dan lingkungan yang sehat dalam keluarga. keluarga. keluarga. untuk mencapai keluarga sejahtera.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.77 ROH K | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2021 11:03 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2023 01:34 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1457 |
Actions (login required)
View Item |