Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Leraning Pada Materi Pembelajaran Fiqih Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MI Hidyatul Mubtadi'in Kertosari Purwosari

Masa'al Asro Silvi Lindasari, 201686010038 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Leraning Pada Materi Pembelajaran Fiqih Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MI Hidyatul Mubtadi'in Kertosari Purwosari. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar kehidupan bangsa. Masa depan suatu bangsa diketahui melalui sejauh mana komitmen masyarakat, bangsa ataupun negara dalam menyelenggarakan pendidikan nasional. Pendidikan juga merupakan kerja budaya yang menuntut peserta didik untuk selalu mengembangkan potensi dan daya kreatifitas yang dimilikinya agar tetap survive dalam hidupnya. Karena itu daya aktif dan partisipatif harus selalu muncul dalam jiwa peserta didik.Pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah diperlukan metode maupun model pembelajaran yang lebih bervariasi dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan oleh guru, terutama dalam mengenalkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran Fiqh. Salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan berbagai permasalahan terkait hukum-hukum Islam dan perkembangan permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat adalah model pembelajaran Problem Based LEARNING. Model pembalajaran Problem Based LEARNING atau sering dikenal dengan pembelajaran berbasis masalah adalah model pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based LEARNING pada pembelajaran Fiqih di Kelas V MI Hidayatul Mubtadi'in Kertosari Purwosari. Dan untuk mengetahui hasil penerapan model Problem Based LEARNING pada mata pelajaran Fiqih di Kelas V MI Hidayatul Mubtadi'in Kertosari Purwosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalampenelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem Based LEARNING pada mata pelajaran Fiqih di MI Hidayatul Mubtada'in Kertosari Purwosari adalah dibuat beberapa kelompok, disesuaikan dengan jumlah banyaknya siswa yang ada saat mengikuti kegiatan pembelajaran, Dan untuk hasilnya untuk proses kegiatan pembelajaran Problem Based LEARNING ini peserta didik tidak merasa jenuh, cara peserta didik untuk mencari jawaban juga aktif, karena sebelum kegiatan tersebiut dilakukan peserta didik dalam menguasai materi cukup baik atau memuaskan, sehingga ada tingkatan dalam prose belajar mengajar mata pelajaran Fiqih ini.Menurut guru mata pelajaran fiqih proses belajar siswa menjadi lebih baik dibandingkan dengan yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 LIN P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Drs. M. Jamhuri, M.Pdi, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:39
Last Modified: 02 Mar 2022 06:54
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item