Roudhotul Ilmiyah, 201786010008 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU TAJWID DI MADIN ASY-SYARIEF JOGOSARI PANDAAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201786010008_BAB I.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201786010008_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201786010008_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201786010008_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201786010008_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201786010008_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010008_COVER DEPAN.pdf Download (627kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010008_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
Pendidikan non formal Madin Asy-Syarief Jogosari Pandaan adalah salah satu dari sekian pendidikan non formal di Pandaan Pasuruan yang memiliki program khusus pengajaran untuk meningkatkan membaca al-Qur'an dengan ilmu tajwid. Model dan metode pengajaran ilmu tajwid ini menggunakan baca-praktik yang mana hal ini masih tidak efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam kemampuan kognitif, terutama dalam keterampilan mengingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan kognitif peserta didik dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur'an sesuai kaidah ilmu tajwid yang meliputi mengidentifikasi huruf-huruf pada hukum bacaan tajwid, memahami macam-macam bentuk bacaan ilmu tajwid, mendefinisikan pengertian hukum bacaan tajwid, serta mengimplementsikan ilmu tajwid dalam bacaan al-Qur'an. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen pre-tes dan post-test pada satu sample (pre-test and post-test in one group). Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan untuk penggalian data adalah tes (pre test dan post test) dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa hasil belajar dengan pendekatan media pembelajaran question card memiliki Sig, (2-tailed) be ilai 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan antara hasil belajar pre-test dan post-test. Serta dapat diketahui pencapaian nilai rata-rata sebesar 45,5 pada pelaksanaan pre-test dan nilai rata-rata sebesar 89,2 pada pelaksanaan post-test.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 ILM P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2021 13:02 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2023 01:33 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1460 |
Actions (login required)
View Item |