PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU TAJWID DI MADIN ASY-SYARIEF JOGOSARI PANDAAN

Roudhotul Ilmiyah, 201786010008 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU TAJWID DI MADIN ASY-SYARIEF JOGOSARI PANDAAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010008_BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010008_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010008_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010008_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010008_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010008_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010008_COVER DEPAN.pdf

Download (627kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010008_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Pendidikan non formal Madin Asy-Syarief Jogosari Pandaan adalah salah satu dari sekian pendidikan non formal di Pandaan Pasuruan yang memiliki program khusus pengajaran untuk meningkatkan membaca al-Qur'an dengan ilmu tajwid. Model dan metode pengajaran ilmu tajwid ini menggunakan baca-praktik yang mana hal ini masih tidak efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam kemampuan kognitif, terutama dalam keterampilan mengingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan kognitif peserta didik dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur'an sesuai kaidah ilmu tajwid yang meliputi mengidentifikasi huruf-huruf pada hukum bacaan tajwid, memahami macam-macam bentuk bacaan ilmu tajwid, mendefinisikan pengertian hukum bacaan tajwid, serta mengimplementsikan ilmu tajwid dalam bacaan al-Qur'an. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen pre-tes dan post-test pada satu sample (pre-test and post-test in one group). Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan untuk penggalian data adalah tes (pre test dan post test) dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa hasil belajar dengan pendekatan media pembelajaran question card memiliki Sig, (2-tailed) be ilai 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan antara hasil belajar pre-test dan post-test. Serta dapat diketahui pencapaian nilai rata-rata sebesar 45,5 pada pelaksanaan pre-test dan nilai rata-rata sebesar 89,2 pada pelaksanaan post-test.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ILM P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Askhabul Kirom,S.Pd.I., M. Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 22 Oct 2021 13:02
Last Modified: 05 Jun 2023 01:33
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item