Studi Genealogi Pendidikan Pesantren KH. Achmad Qusyairy Manshur Mojokerto

Salma Nurul Izza, 201786010005 (2021) Studi Genealogi Pendidikan Pesantren KH. Achmad Qusyairy Manshur Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010005_BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010005_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010005_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010005_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010005_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010005_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010005_COVER DEPAN.pdf

Download (997kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010005_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Pendidikan pesantren adalah salah satu upaya untuk melestarikan budaya dan peradaban Islam serta merupakan cara pengajaran melalui non klasikal yakni muridnya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan Kiai. Hal ini yang menarik peneliti untuk mengupas sosok Kiai Qusyairy, seorang Kiai pemimpin pondok pesantren Darul Hikmah di Mojokerto serta menantu Kiai Bahri pendiri Pesantren Darul Huda. Dengan berbekal konteks keturunan serta keilmuan yang dipercaya dengan dibuktikkan Kiai Qusyairy mempunyai kontribusi fikrah, amaliyah, serta harakah pada perkembangan pesantren melalui santri-santrinya yang berhasil mendirikan lembaga pendidikan pesantren didaerahnya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis (1) genealogi sosial-intelektual KH. Achmad Qusyairy Manshur Mojokerto, (2) kontribusi fikrah, amaliyah, dan harakah KH. Achmad Qusyairy Manshur pada perkembangan pendidikan pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis historis. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer, dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik (a) wawancara terstruktur, (b) observasi partisipan, dan (c) dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan (a) triangulasi sumber, (b) triangulasi teknik, (c) triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) genealogi sosial-intelektual KH. Achmad Qusyairy Manshur meliputi; (a) Biografi, (b) Silsilah sampai Rasulullah, (c) Etika Sosial, (d) Keahlian dan Pendidikan, (e) Perjuangan terhadap Keluarga dan Pesantren, (f) Kurikulum Pesantren KH. Achmad Qusyairy Manshur. Sedangkan 2) kontribusi fikrah, amaliyah, dan harakah KH. Achmad Qusyairy Manshur pada perkembangan pendidikan pesantren meliputi; (a) Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan, (b) Pondok Pesantren Al Istiqomah Dlanggu Mojokerto, (c) Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas Jember, (d) Pondok Pesantren I'anatut Tholibin Pungging Mojokerto, (e) Pondok Pesantren Nurul Qur'an Batang Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.77 IZZ S
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Muhammada, M. PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 08 Aug 2021 11:35
Last Modified: 03 Jul 2023 01:41
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item