penerapan etika bisnis islam pada pedagang sembako untuk meningkatkan loyalitas pelanggan (study kasus di pasar Nongkojajar Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan)

Maulidatul K., 201586290015 (2019) penerapan etika bisnis islam pada pedagang sembako untuk meningkatkan loyalitas pelanggan (study kasus di pasar Nongkojajar Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Prilaku yang menyimpang banyak ditemukan di pasar tradisional antara lain : tidak adanya akad antara penjual dan pembeli, dan ada beberapa pedagang ketika melayani pembeli tidak bersikap ramah atau murah hati dengan ditandai pelayanan dengan raut wajah yang kurang bersahabat. Sehingga peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang penerapan etika bisnis Islam di Pasar Tradisional Nongkojajar khususnya Toko Sembako . Rumusan masalah yang diangkat adalah Bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada pedagang Sembako di Pasar Tradisional Nongkojajar Toko Sembako dan Sejauh mana penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Pasar Tradisional Nongkojajar Toko Sembako untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada pedagang Sembako di Pasar Tradisional Nongkojajar Toko Sembako dan Untuk mengetahui Sejauh mana penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Pasar Tradisional Nongkojajar Toko Sembako untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan.metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data pasar yang diperoleh dari karyawan BUMDesa Wonosari dan wawancara dari pedagang sembako beserta pelanggan. Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh dari pedagang dan karyawan di Toko apabila dilihat dari lima Prinsip etika bisnis secara umum yang dijadikan tolak ukur, penerapan etika bisnis secara umum sudah diterapkan dengan baik oleh pedagang dan karyawan di Toko Sembako namun masih belum akad antara penjual dan pembeli saat melakukan transaksi jual beli. Jadi pada Toko Sembako masih belum sepenuhnya menerapka etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.273 MAU P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisoraslikhah S.EI,.I, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syari'ah
Date Deposited: 21 Oct 2019 14:46
Last Modified: 02 Mar 2022 06:55
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item View Item