ANALISIS WACANA PERSEPSI PARTISIPAN ADJIB PADA AKUN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KOMUNIKASI POLITIK TIM SUKSES PASANGAN CALON M. IRSYAD YUSUF DAN MUJIB IMRON PADA PILKADA 2018 KAB. PASURUAN (PERIODE MARET - APRIL 2018)

M. Hidayatulloh, 201469090028 (2018) ANALISIS WACANA PERSEPSI PARTISIPAN ADJIB PADA AKUN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KOMUNIKASI POLITIK TIM SUKSES PASANGAN CALON M. IRSYAD YUSUF DAN MUJIB IMRON PADA PILKADA 2018 KAB. PASURUAN (PERIODE MARET - APRIL 2018). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (cover valid.pdf)
cover valid.pdf

Download (546kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengguna jejaring social sudah merambah kehidupan masyarakat, dan mampu masuk pada area pribadi dalam pengungkapan keinginan penggunanya. Tidak terkecuali dalam menyalurkan aspirasi politik. Terkait hal tersebut, pada masa menjelang Pemilu 2014 lalu, begitu ramai parata dan tokoh politik terjun ke media social. Mereka tampaknya berkaca dari contoh sukses Joko Widodo (Gube ur DKI Jakarta), Ahmad Heryawan (Gube ur Jawa Barat), Ganjar Pranowo (Gube ur Jawa Tengah), dan Ridwan Kamil (Wali kota Bandung). Empat tokoh tersebut terbilang rajin berinteraksi di Twitter, Facebook, dan Youtube sehingga mampu menarik simpati serta dukungan pengguna media social. Oleh karena itu, penting dilakukan penelitian atau kajian untuk melihat dinamika pemanfaatan media social dalam kehidupan politik yang sedang berkembang ditengah masyarakat. Untuk mengetahui postingan yang berisi berita pada akun media social facebook “Relawan Adjib�, maka timbul pertanyaan, yaitu: Bagaimana deskripsi postingan teks yang dibangun tim sukses pasangan ADJIB di media social facebook dalam proses komunikasi politik tim sukses pasangan ADJIB pada Pilkada 2018 di kabupaten pasuruan? Dalam menjawab rumusan masalah diatas, teori yang penulis gunakan adalah teori Analisis Wacana Teun A Van Dijk yang lebih mendekatkan pada struktur teks yang dibangun dalam berita yang diposting oleh akun “Relawan Adjib�. Dimana berita – berita yang terposting pada akun tersebut bukan merupakan repost dari akun lainnya, akan tetapi merupakan teks asli hasil postingan akun “Relawan Adjib�. Melalui analisis dokumentasi yang penulis lakukan, bahwa Dari keseluruhan teks tersebut, akun Relawan Adjib berupaya untuk mempengaruhi seorang khalayak dengan latar belakang pesantren yang berguru pada seorang kyai pendukung Adjib agar memilih dan memenangkan Adjib ka a didukung oleh para kyai khususnya santri. Selain melalui upaya tersebut, partisipan Adjib juga berupaya mempengaruhi khalayak dengan melakukan pencitraan dengan mempublikasi prestasi yang berhasil diraih oleh Irsyad Yusuf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 401.41 HID A
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMoh Edy Marzuki, M.I.Kom, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Teminologi, Bilingual
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 22 Dec 2018 11:02
Last Modified: 02 Mar 2022 06:55
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item