Penerapan Metode Al-Miftah Pada Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Walisongo Rejoso Sumberejo Purwosari Pasuruan

Ifadatul Rizkiyah, 201786010021 (2021) Penerapan Metode Al-Miftah Pada Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Walisongo Rejoso Sumberejo Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010021_BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010021_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010021_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010021_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010021_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010021_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010021_COVER DEPAN.pdf

Download (813kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010021_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

Pesantren adalah ajaran Islam yang bertujuan untuk memahami, menghargai dan mengamalkan ajaran Islam. Pembelajaran dalam pesantren menerapkan pembelajaran pengajian kitab kuning berbasis salaf. Kendala yang dimiliki pada pembelajaran kitab kuning salah satunya yakni sulitnya memahami ilmu nahwu shorof, namun hal ini tidak menjadi kendala bagi pesantren Walisongo. Pesantren Walisongo merupakan salah satu dari sekian pesantren di Pasuruan yang menerapkan metode al-Miftah dan dengan metode ini diharapkan dapat menunjang santri agar ahli dalam membaca dan memahami kitab kuning. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis (1) penerapan metode al-Miftah pada pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Walisongo, (2) hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran metode al-Miftah di Pondok Pesantren Walisongo, (3) kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan metode al-Miftah di Pondok Pesantren Walisongo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer, dan data sekunder. Data yang dikumpulkan dengan teknik (a) wawancara, (b) observasi, (c) dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, sajian data, menyimpulkan data. Pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan (a) ketekunan dalam pengamatan, (b) triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) penerapan metode al-Miftah pada pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Walisongo meliputi; tes lisan dan tes ini mengharuskan dapat menyelesaikan materi al-Miftah per-jilid meliputi (a) jilid satu membahas kalimat dan isim ghoiru munshorif, (b) jilid dua membahas isim, (c) jilid tiga membahas fi'il, (d) jilid empat membahas isim yang dibaca rofa, nashob, dan jer. Sedangkan 2) hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran metode al-Miftah di Pondok Pesantren Walisongo meliputi; (a) pengaplikasian kitab, (b) keterbatasan waktu, (c) faktor lingkungan baik INTERNAL atau eskte al. Sedangkan 3) kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan metode al-Miftah di Pondok Pesantren Walisongo meliputi; kelebihannya praktis dan mudah dipraktekkan, materi di desain dengan wa a-wa i, memakai lagu-lagu yang familiar, sedangkan kekurangannya bagi yang sudah dewasa mengikuti al-Miftah merasa diperlakukan seperti anak-anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 RIZ P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Asrul Anan, S. Ag., M. PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 12 Aug 2021 09:44
Last Modified: 10 May 2023 03:43
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1550

Actions (login required)

View Item View Item