RANCANG BANGUN GAME MATH ADVENTURE 3D ARITMATIKA DASAR UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Selma Karomi Shafira, 201769040014 (2021) RANCANG BANGUN GAME MATH ADVENTURE 3D ARITMATIKA DASAR UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201769040014_BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201769040014_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201769040014_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201769040014_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201769040014_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201769040014_COVER DEPAN.pdf

Download (759kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201769040014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf)
201769040014_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi di Indonesia seperti sekarang ini, metode pembelajaran aritmatika dasar yang masih konvensional membuat anak cenderung mengalami kejenuhan. Salah satu cara untuk membantu dan melatih ketangkasaan, kecerdasan, imajinasi anak-anak, dan semangat anak-anak untuk belajar yang meningkat adalah dengan menggunakan game edukasi. Maka dari itu, penelitian ini akan membuat game edukasi 3D aritmatika dasar sehingga dapat meningkatkan minat anak terhadap aritmatika dasar karena aritmatika merupakan ilmu yang memiliki peran penting dalam segala aspek kehidupan. Game ini dibangun dengan menggunakan unity3D sebagai game engine dan bahasa pemrograman C#. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi kasus, sedangkan metode pengembangan perangkat lunaknya penulis menggunakan metode waterfall. Dari hasil pengujian sistem yang telah dilakukan, game Math Adventure 3D dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dan dari pengujian pretest diperoleh nilai rata-rata 56 sedangkan untuk posttest diperoleh nilai rata-rata 72. Dan yang terakhir dari pengujian kuesioner dengan mengambil 20 anak sekolah dasar yang berumur 7-11 tahun sebagai responden mendapatkan hasil indeks presentase sebesar 85,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 005.12 SHA R
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWalidini Syaihul Huda, S.Kom., M.Kom, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Ilmu Umum dan Komputer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Date Deposited: 08 Dec 2021 07:12
Last Modified: 21 Nov 2023 06:03
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item View Item