ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN RAYA SURABAYA – MALANG (Studi Kasus : Jln Raya Surabaya-Malang KM 34-68)

Siti Maisaroh, 201769010008 (2021) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN RAYA SURABAYA – MALANG (Studi Kasus : Jln Raya Surabaya-Malang KM 34-68). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201769010008_BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201769010008_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201769010008_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201769010008_COVER DEPAN.pdf

Download (733kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201769010008_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf)
201769010008_LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (`BAB IV.pdf)
201769010008_`BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kepadatan volume lalu lintas menyebabkan akses jalan sulit untuk dilalui, berbagai aktivitas pengguna jalan tidak nyaman, sehingga menimbulkan risiko permasalahan lalu lintas, seperti kemacetan dan kecelakaan. Jalan Raya Surabaya – Malang merupakan salah satu jalan di provinsi Jawa Timur yag termasuk rawan kecelakaan karna statusnya sebagai jalan nasioal. Sehingga perlu diadakan penelitian dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik penyebab kecelakaan, menentukan lokasi titik daerah rawan kecelakaan (Black spot) serta menetapkan strategi peningkatan keselamata lalu lintas jalan tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis Z-Score dan metode analisis Cusum (Cumulative Summary). Metode analisis Z-Score digunakan untuk mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan (black site), sedangkan metode analisis Cusum digunakan untuk mengidentifikasi titik rawan kecelakaan (black spot), dengan pengumpulan data melalui survey lapangan dan mengambil data dari lembaga terkait.Kemudian Hasil Analisis dan data kcelakaanmenggunakan metode Z-Score dan Cusum, Diketahui Berdasarkan perolehan data kecelakaan dari Polres Kabupaten Pasuruan dari tahun 2016 – 2020 diketahui faktor penyebab tertinggi kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Surabaya-Malang adalah faktor Perilaku pengendara (89,91%). Kemudian hasil Analisis data kecelakaan menggunakan metode Z-Score dan Cusum, Diketahui letak Black Site dan Black Spot dengan Kriteria Daerah Rawan Kecelakaan Tinggi, Sedang dan Rendah, dengan Letak Daerah Rawan Tertinggi di Ruas Bundaran Arteri Ds.Kejapanan Kec.Gempol, Persimpangan Patung sapi Ds.Karangjati Kec.Pandaan, persimpangan jalan Baypass Ds.Karangjati Kec.Pandaan. Maka didapati Pencegahan dan penanganan kecelakaan lalu lintas dapat dilakukan dengan beberapa metode diantaranya dengan perencanaan dan penggunaan tata lahan disekitar bagian jalan, sosialisasi tertib berlalu lintas serta dengan kedisiplinan hukum dalam pelanggaran lalu lintas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 363.125 MAI A
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhofifah, ST, MT., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Teknik Bangunan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Date Deposited: 01 Dec 2021 14:10
Last Modified: 11 Mar 2023 05:30
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item