Siti Nur Asiyah, 201986130001 (2021) POLA DAN PROSES PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI SISWA ANTAR UMAT BERAGAMA DI SMKN TUTUR. Magister thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB COVER DEPAN.pdf)
2019860130001_BAB COVER DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf)
2019860130001_BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I.pdf)
2019860130001_BAB I.pdf Download (40kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
2019860130001_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
2019860130001_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
2019860130001_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
2019860130001_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
2019860130001_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) | Request a copy |
Abstract
Pola adalah respon suatu kerja yang menghasilkan tmbal balik terhadap suatu perilaku yang dapat meningkatkan dan mempermudah kemungkinan terulangnya kembali perilaku tersebut. Perilaku yang dimaksud dalam konteks penelitian ini adalah perilaku peserta didik yang mengandung nilai-nilai multikultural toleransi. Melalui pola pendidikan toleransi terjadi proses pembentukan sikap toleransi, peduli sosial, kerjasama dan saling menghargai antar sesama. Proses merupakan urutan aplikasi atau insiden yang saling terkait yang bersama-sama mengganti masukan sebagai keluaran. Fokus penelitian ini adalah pertama, Bagaimana Pola Pendidikan Toleransi antar umat beragama di SMKN Tutur, kedua, Bagaimana proses belajar mengajar Pendidikan toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Tutur? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, wali murid serta Guru baik yang beragama Islam dan yang beragama Kristen atau Katolik. Hasil penelitian ini pertama, Pola Pendidikan Toleransi antar umat beragama di SMKN Tutur: a) Keterlibatan siswa dalam kegiatan demokrasi, b) Pelaksanaan mematuhi tata tertib sekolah, c) Penanaman pembiasaan untuk menghargai teman yang sedang beribadah, d) Penanaman nilai-nilai kemanusiaan, e) Kegiatan Ekstra kurikuler lintas agama, f) Program tahunan setiap bulan ramadhan, g) Pelaksanaan program baksos seluruh warga SMKN Tutur, h) Kegiatan halal bihalal setiap hari besar agama, i) Program kerativitas anak bangsa, j) Sinergi antara kesiswaan dengan polsek Nongkojajar tentang penanggulangan radikalisme di kalangan remaja, k) Sinergi Lembaga sekolah dengan pihak puskesmas Nongkojajar dengan mengadakan seminar remaja.yang di hadiri oleh semua siswa berbagai lintas agama. Kedua proses belajar mengajar Pendidikan toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Tutur, 1) Kognitif learning Kegiatan berdiskusi bersama antar teman dalam hal apapun, baik materi pembelajaran atau tugas yang melibatkan tentang sistem pekerjaan, 2) Afektif learning Kegiatan pembelajaran agama islam, Kegiatan halal bihalal setiap hari besar agama , Kegiatan hari ulang tahun sekolah, 3) Psikomotorik learning, Memberi kesempatan kepada semua siswa dalam melakukan pencalonan serta pemilihan Ketua dan pengurus OSIS dalam semua lintas agama, Membantu kelancaran kegiatan siswa non muslim dalam merayakan hari besar agama mereka dengan cara siswa muslim dari jurusan Multimedia membantu sebagai fotografer.
Item Type: | Thesis (Magister) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 370.117 ASI P | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Karya Umum > Kumpulan Karya Umum | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2) | |||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2021 09:05 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 08:18 | |||||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1782 |
Actions (login required)
View Item |