DIGITAL BUSINESS TRANSFORMATION Management and Tools

Muhammad, Nizar and Muhammad, Fahmul Iltiham DIGITAL BUSINESS TRANSFORMATION Management and Tools. In: DIGITAL BUSINESS TRANSFORMATION Management and Tools. Yayasan Pesantren Kontemporer Al-Hilmu, pp. 1-110.

[img] Text
bisnis digital.pdf

Download (1MB)

Abstract

Merencanakan transformasi bisnis digital bagi pelaku UKM menjadi trand semenjak pandemi covid 19 melanda. Para pelaku bisnis berupaya secepat mungkin menyesuaikan diri dengan lingkungan. bagi siapa yang tidak bertransformasi dengan cepat, maka akan ketinggalan zaman dengan pelaku bisnis lainnya, bahkan terancam kegagalan bisnis. jika pelaku UKM dapat menemukan strategi yang tepat untuk bangkit dari keterpurukan pandemi covid 19, maka UMK juga memiliki peluang untuk memenangkan bisnis pada situasi tersebut. UKM adalah jenis usaha yang paling banyak tersebar, membentuk tulang punggung setiap perekonomian. Salah satu tantangan utama yang mereka hadapi saat ini adalah transformasi digital. Ketika sebuah UKM memutuskan cara untuk maju dengan digitalisasi, banyak pertanyaan yang muncul. Salah satu yang pertama adalah, Pendekatan mana yang paling tepat untuk perusahaan ini?. Alhamdulillah buku ini terbit menjawab pertanyaan para pelaku UKM, bagaimana sebuah UMK dapat bertransformasi di era yang serba digital. Buku ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertema Penguatan Digital Capability Masyarakat Lokal Melalui Pembinaan dan Pendampingan Digital Business Transformation pada UKM HIPSI. Pengabdian ini dilakukan pada HIPSI dikarenakan, pertama banyaknya pengusaha yang berstatus santri. Kedua, banyaknya usaha yang masih direct selling system, ketiga menurunnya jumlah pengusaha santri, keempat lemahnya literasi digital sehingga produk yang dipasarkan belum maksimal. Pengabdian masyarakat ini difokuskan dalam melakukan kegiatan pembinaan dan pendampingan Digital Business Transformation usaha pada UKM HIPSI, mulai dari pengenalan Digital Capability, Pembuatan Digital platform, Upload produk, hingga engagemen rate (share, optimize, manage, engage), dan Strategi Promosi. Penerapan hasil pembinaan dan pendampingan bisnis tersebut ditunjukkan dengan dilakukannya pameran produk UKM secara digital, sehingga produk domestik dapat dikenal secara luas baik dalam negeri hingga manca negara serta dapat bersaing dalam kancah internasional. Dengan diberikannya pelatihan dan penyuluhan mengenai Digital Business Transformation yang baik dan benar serta sesuai dengan konsep syariah, pelaku UKM pada komunitas HIPSI diharapkan memiliki wawasan bisnis yang lebih luas, unggul dalam persaingan, kinerja usaha yang lebih maksimal dan prospek pasar yang lebih luas. Penerapan konsep bisnis yang baik pada UKM tersebut, tentunya akan memberikan kontribusi perekonomian yang signifikan bagi negara.

Item Type: Book Section
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syari'ah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:20
Last Modified: 29 Mar 2023 00:20
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item View Item