KONSEP PEMBELAJARAN MUHADHARAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA (Di SMP Plus Al-Amien Sabrang-Ambulu-Jember)

Septi Nurlaili, 201486010026 (2018) KONSEP PEMBELAJARAN MUHADHARAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA (Di SMP Plus Al-Amien Sabrang-Ambulu-Jember). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (COVER 2.pdf)
COVER 2.pdf

Download (84kB)

Abstract

Islam adalah agama dakwah yaitu agama yang menugaskan umatnya untuk menyebarkan dan menyiarkan Islam kepada seluruh umat manusia. Sebagai rahmat bagi seluruh alam Islam dapat menjamin terwujudnya kesejahteraan umat manusia bila mana ajaran Islam yang mencakup segenap aspek kehidupan itu dijadikan sebagai pedoman hidup dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh . Sains dan teknologi serta kemajuan zaman yang tidak mengindahkan norma-norma agama dan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi masyarakat, menyebabkan manusia sekarang mengalami dekadensi moral yang menyebabkan krisis insani. Untuk mengembalikan nilai-nilai tersebut diperlukan adanya da'i dan mubaligh yang handal dan berkualitas serta menguasai bagaimana cara berkhitabah yang baik dan benar, yaitu memiliki pengetahuan yang banyak. Mempunyai keahlian (skill) dalam berdakwah. Untuk mencapai keberhasilan dakwah tersebut maka diperlukan adanya pembinaan yang terus menerus (continue) dan salah satunya dengan mengadakan pembinaan kepada generasi-generasi muda Islam sejak dini. Sehubungan dengan hal tersebut Madrasah sekolah SMP Plus al Amien menerapkan Muhadharah dalam kurikulum sekolah tersebut. Terdapat tiga rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu : pertama, mengapa di SMP Plus al Amien menerapkan kurikulum pembelajaran muhadharah? Kedua, bagaimana konsep pembelajaran muhadharah di SMP Plus al Amien? Ketiga, Bagaimana nilai-nilai konsep pembelajaran muhadharah dalam Membentuk Siswa Berjiwa Religius di SMP Plus al Amien ? Berkaitan dengan ketiga rumusan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, menggunakan metode observasi, interview (wawancara), serta dokumentasi sebagai data-data dalam menunjang skripsi ini. Analisis data pertama yang peneliti lakukan adalah membaca sekaligus mengkaji secara mutlak dan mendalam. Langkah yang kedua menafsirkan data dan disesuaikan dengan teori, dan langkah ketiga adalah menyimpulkan seluruh dari hasil penelitian. Melalui teknik analisis data tersebut maka dapat diketahui bahwa konsep pembelajaran muhadharah di SMP Plus al Amien, diantaranya pembelajaran muhadharah hanya dilaksanakan di keas VII saja, pembelajaran dilaksanakan 2X 40 Menit (2 x pertemuan), siswa di ajarkan bagaimana membuat teks MC dan Pidato dan bagaimana mempraktekkannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 NUR K
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDrs. M. Jamhuri, M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 14 Nov 2018 15:25
Last Modified: 02 Mar 2022 06:24
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item