Implementasi Qiraatul Kutub Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Darut Taqwa

Arifatul Chusna, 201486010021 (2018) Implementasi Qiraatul Kutub Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Darut Taqwa. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (COVER REVISI NEW.pdf)
COVER REVISI NEW.pdf

Download (93kB)

Abstract

Qiraatul Kutub merupakan suatu proses pembelajaran membaca kitab kuning. Yang mana Qiraah sendiri berasal dari Qaraa yang berarti membaca sedangkan kutub yakni kitab. Indonesia dalam pengembangan kitab kuning, mendirikan percetakan kitab kuning dan madrasah atau lembaga-lembaga pendidikan Islam, karena kitab kuning merupakan penopang utama tradisi keilmuan Islam, tradisi keilmuan Islam dan juga sebagai penunjang dalam pendidikan Islam. “Hampir tidak diragukan lagi kitab kuning mempunyai peran besar tidak hanya dalam transmisi ilmu pengetahuan Islam, bukan hanya dikalangan komunitas santri, tetapi juga ditengah masyarakat muslim Indonesia secara keseluruhan. Berdasarkan dari assumsi tersebut maka peneliti ingin meneliti tentang impelementasi Qiraatul Kutub, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana cara mengimplementasikan Qiraatul Kutub untuk meningkatkan kelancaran membaca kitab kuning Di Madrasah Diniyah Darut Taqwa ? (2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses meningkatkan kelancaran membaca kitab kuning dengan materi qiraatul kutub di Madrasah Diniyah Darut taqwa?. Penelitian ini mengggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang sumber datanya di lapangan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif Deskriptif (Kualitatif lapangan). Maka dalam pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer dapat diperoleh didapat dari keterangan langsung oleh guru pengajar Qiraatul Kutub. Sedangkan data sekunder, didapat dari beberapa informan yang meliputi kepala madrasah, staf TU dan siswa Madrasah Diniyah Darut Taqwa serta berbagai buku atau literatur yang secara konseptual/substansial terkait dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Implementasi Qiraatul Kutub untuk meningkatkan kelancaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Darut taqwa sudah 15% siswa sudah lancar membaca kitab dan sudah bisa menjelaskan isi dari kitab tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 CHU I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAli Muhtarom, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 24 Nov 2018 14:21
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item