Implementasi Media Gambar Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)Di Mi Roudlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan

Siti Aisa, 201486010004 (2018) Implementasi Media Gambar Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)Di Mi Roudlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (cover.pdf)
cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Sejarah kebudayaan Islam merupakan salah satu bagian dari pendidikn Agama Islam, yang mempelajari sejaraha yang ada di Islam. Sehubungan itu, materi sejarah kebudayaan Islam ini memiliki peran yang sangat mendukung dalam mencapai tujuan pendidikan Agama Islam. Ditingkat Madrasah Ibtidaiyah ini mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam diberikan mulai dari kelas III sampai kelas VI. Dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam ini materi yang disampaikan, masih menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Hal ini dapat diketahui atau ditunjukkan dengan banyak siswa MI. Roudlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan banyak yang belum paham tentang sejarah kebudayaan Islam.Berdasarkan kenyataan yang ada ini, maka kami selaku peneliti mencoba untuk menerapkan media gambar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Tujuannya untuk mengetahui penerapan media gambar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI. Rodlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan. Selain itu juga untuk mengetahui keungguan dari penerapan media gambar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI. Rodlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan media gambar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI. Rodlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yaitu suatu kajian yang rinci tentang suatu latar atau suatu subyek tunggal, atau suatu tempat penyimpanan dokumen atau suatu peristiwa tertentu. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Untuk mendukung pemaparan data, penulis juga menyertakan berbagai lampiran terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di MI. Rodlotul Mustarsyidin Keputran Bakalan Purwosari Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas 6 MI. Roudlotul Mustrasyidin dapat menambah semangat dalam belajar karena dengan adanya media gambar pembelajaran tidak membosankan lagi. Sehingga mereka lebih cepat memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 AIS I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrul Anan, S.Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 25 Oct 2018 13:44
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item