PENGARUH PENERAPAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ANWARUL MALIKI SUKOREJO PASURUAN

Nuril Wilda Maghfiroh, 201486010087 (2018) PENGARUH PENERAPAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ANWARUL MALIKI SUKOREJO PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN SAMPUL DAN LAIN-LAIN.pdf)
HALAMAN SAMPUL DAN LAIN-LAIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingkat keberhasilan proses belajar di sekolah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : kemampuan guru, kemampuan siswa, metode mengajar, materi, sarana dan prasarana, motivasi, alat evaluasi, serta lingkungan, yang semuanya merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Berpijak pada latar belakang di atas, maka rumusan penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana penerapan media Edmodo dalam Pembelajaran PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan? (2) apakah ada pengaruh sebelum dan sesudah penerapan media Edmodo terhadap hasil belajar PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui penerapan media Edmodo dalam Pembelajaran PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan, (2) mengetahui ada pengaruh atau tidak sebelum dan sesudah penerapan media Edmodo terhadap hasil belajar PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yakni menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu yaitu pre-experimental design dengan menggunakan pola one group pretest–posttest yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Dengan demikian dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan diadakan sebelum diberi perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan media Edmodo dalam Pembelajaran PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan terlaksana dengan melalui beberapa tahap yaitu pembuatan akun guru dan siswa, pembuatan group class, dan disertai dengan panduan cara penggunaan serta praktek penugasan. (2) media Edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar PAI di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Uji T Paired Test yang menunjukkan nilai signifikan 0.000, karena signifikan < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya rata-rata nilai sebelum dan sesudah penerapan media edmodo adalah ada pengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MAG P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAskhabul Kirom, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 24 Dec 2018 14:49
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item