Nur Hayati, 201486010067 (2018) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF SAYYID MUHAMMAD BIN ALAWI AL-MALIKI DALAM KITAB AT-TAHLIYAH WA AT-TARGHIIB FII AT-TARBIYAH WA AT-TADZHIIB. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I SKRIPSI.pdf)
BAB I SKRIPSI.pdf Download (778kB) |
|
Text (BAB II SKRIPSI.pdf)
BAB II SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III SKRIPSI.pdf)
BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV SKRIPSI.pdf)
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V SKRIPSI.pdf)
BAB V SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI SKRIPSI.pdf)
BAB VI SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
|
Text (lampiran.pdf)
lampiran.pdf Download (81kB) |
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan bagian terpenting dari pendidikan, yang mana pendidikan akhlak merupakan usaha sadar yang mengarahkan pada pembentukan akhlak mulia. Saat ini bangsa kita telah mengalami kemerosotan moral yang di pengaruhiolehkemajuanteknologidanjugapenjajahandalambidangkebudayaan. Pendidikan akhlak merupakan pendidikan terpenting bagi generasi mudadalam mempertahankan kemerdekaan dan nilai-nilai luhur bangsa. Karena pentingnya pendidikan akhlak, maka peneliti sangat tertarik untuk meneliti mengenai konsep pendidikan akhlakdalam kitab At-Tahliyah Wa At-Targhiib Fii At-Tarbiyah Wa At-Tadzhiib. Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti ingin mengetahui lebih dalam bagaimana konsep pendidikan akhlak pada kitabAt-Tahliyah Wa At-TarghiibFii At-TarbiyahWa At-Tadzhiib?. Bagaimana relevansi konsep pendidikan akhlak pada kitab At-Tahliyah Wa At-Targhiib Fii At-Tarbiyah Wa At-Tadzhiib dalam konteks kekinian?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library research) yaitujenispenelitian yang mengacukepadakhazanahkepustakaan. Sumber data primernyaadalahkitabAt-TahliyahWa At-TarghiibFii At-TarbiyahWa At-Tadzhiib, Sumber sekundernya diambil dari buku-buku , jurnal, artikel, dan lain sebagainya yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian.Adapun teknik analisis data menggunakan metode deskriptifanalitisdanconten analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak pada kitabAt-TahliyahWa At-TarghiibFii At-TarbiyahWa At-Tadzhiib ini menjelaskan tentang akhlak manusia sebagaima khluk sosial, yang memerlukan pergaulan dan bermasyarakat dan akhlak terhadap diri sendiri dan akhlak tercela. Adapun pendidikan akhlak yang terkandung adalah akhlak terhadap orang yang lebih tinggi dan rendah derajatnya, sopan santun dan pergaulan yang baik, konsep menjaga kesehatan tubuh, konsep, berlaku wajar dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat, dan perilaku tercela yaitu sombong dan berlaku boros. Sesuai dengan isinya, kitab At-Tahliyah Wa At-TarghiibFii At-TarbiyahWa At-Tadzhiib sangat relevan dengan pendidikan karakter yang gencar dilakukan pada masakini, dan dapat dijadikan solusi dalam memperbaiki akhlakdiberbagai bidang, baik untuk anak-anak maupu norang dewasa khususnyadalam menghadapi zaman sekarang yang global dan modern ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.5 HAY K | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 04 Oct 2018 08:07 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:25 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/299 |
Actions (login required)
View Item |