Abdurahman, 201186010114 (2018) PENGGUNAAN METODE FTL (FOLLOW THE LINE) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-FALAH ANDONOSARI TUTUR. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka.pdf)
Daftar Pustaka.pdf Download (188kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN.pdf)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (687kB) |
Abstract
Kitab al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang merupakan mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat Jibril yang selanjutnya diperintahkan kepada umatnya agar senantiasa membaca dan menulis serta memahami isi kandungnnya. Pelajaran membaca al-Qur’an merupakan materi pokok selain menulis al-Qur’an dengan baik dan benar di TPQ al-Falah Andonosari Tutur. Penggunaan Metode FTL (Follow The Line) digunakan untuk mempermudah anak didik dalam mempelajari bacaan dan tulisan al-Quran dengan mudah dan benar. Dari latar belakang ini peneliti mengambil rumusan masalah antara lain: (1) bagaimana pelaksanaan penggunaan metode FTL (Follow The Line) dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ al-Falah Andonosari Tutur ? (2) Apa Kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan metode FTL (Follow The Line) dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ al-Falah Andonosari Tutur? (3) Apa Faktor Pendukung dalam penggunaan metode FTL (Follow The Line) dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ al-Falah Andonosari Tutur? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif, data primer dan sekunder, sedangkan pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan untuk memeriksa data menggunakan triangulasi. Data yang peneliti peroleh yaitu (1). Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Falah menggunakan metode FTL (Follow The Line) yang berisi contoh huruf asli dan contoh huruf garis-garis sebagai panduan cara penulisan huruf arab yang sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar, sehingga santri dapat secara langsung memahami nama huruf, bunyi huruf serta cara penulisannya. (2). Kelebihan metode FTL (Follow The Line) dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ al-Falah Tutur yaitu dapat meningkatkan belajar santri dalam berimajinasi, lebih fokus melaksanakan tugas menulis dan membuat santri menyelesaikan tugas dengan gembira.Kekurangan Metode FTL (Follow The Line) yaitu apabila santri baru mereka cenderung menulis apa adanya sedangkan ketika di uji kemampuan mereka dengan cara imlak mereka mengalami kesulitan karena tidak terbiasa menulis secara langsung. (3). Faktor pendukung dalam penggunaan metode FTL (Follow The Line) dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ al-Falah Andonosari Tutur, yaitu guru di TPQ al-Falah berbagi tugas dan bekerja sama dalam menyiapkan metode FTL untuk mencapai tujuan yang akan dicapai, faktor pendukung pada tahap pembelajaran dalam penggunaan metode FTL dengan mengikuti line melatih anak-anak lebih fokus dalam belajar. Faktor Pendukung pada tahap akhir yaitu anak-anak lebih tertib saat pulang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2018 07:27 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:25 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/303 |
Actions (login required)
View Item |