Pengaruh Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Menghafal Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 2 Di Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan

Evie Lutfiana, 201486020010 (2018) Pengaruh Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Menghafal Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 2 Di Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (756kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (cover - daftar isi.pdf)
cover - daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB)

Abstract

Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelegensi atau tingkat pendidikannya. Kosakata merupakan salah satu dari tiga unsur bahasa yang sangat penting dikuasai, kosakata ini digunakan dalam bahasa lisan atau tulis, dan merupakan salah satu alat untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Arab seseorang. Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan adalah salah satu dari sekian madrasah di pondok pesantren Ngalah. Peneliti mengetahui bahwa metode pembelajaran bahasa Arab khususnya ro'sun sirah yang digunakan tidak begitu efektif, dan tidak memudahkan siswa dalam menghafal mufradat. Dengan adanya masalah tersebut peneliti mencoba menerapkan metode make a match dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan menghafal kosakata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses metode make a match untuk meningkatkan menghafal kosakata bahasa Arab pada siswa kelas 2 di Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan?, 2) Bagaimana pengaruh metode make a match untuk meningkatkan menghafal kosakata bahasa Arab pada siswa kelas 2 di Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Adapun jenis ekperimen yang digunakan adalah jenis pre- experimental design bentuk (one group pretest – posttest). Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan untuk penggalian data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dari analisis data nilai pretest (rata-rata= 26,4000) dan nilai posttest (rata-rata = 75,3333. Disimpulkan bahwa tingkat efektifitas penggunaan metode make a match untuk meningkatkan menghafal mufradat pada siswa kelas 2N di Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan memiliki taraf perbedaan 0,325, yang menunjukkan nilai > 0,05. Dimana dalam hal ini berarti penggunaan metode make a match dalam meningkatkan menghafal bahasa Arab ini sesuai jika diterapkan di kelas 2N Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMochamad Hasyim, S.PdI, M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 10 Sep 2018 12:01
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item