Pengaruh Metode Qawa’id Tarjamah Terhadap Pembelajaran Membaca al-Mabadi’ Fiqhiyah di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Gempol. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Agama Islam. Universitas Yudharta Pasuruan

Ruhayati Ningsih, 201486020015 (2018) Pengaruh Metode Qawa’id Tarjamah Terhadap Pembelajaran Membaca al-Mabadi’ Fiqhiyah di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Gempol. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Agama Islam. Universitas Yudharta Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4.pdf)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6.pdf)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (906kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Madrasah Diniyah Nurul Hidayah adalah madrasah yang di dalamnya mempelajari ilmu-ilmu agama atau bisa disebut madrasah non formal. Pada madrasah tersebut terdapat tingkat kelas awwaliyah saja. Pada tingkat awwaliyah terdapat pembelajaran Membaca al-Mabadi’ Fiqhiyah. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Membaca al-Mabadi’ Fiqhiyah adalah metode ceramah dan aural oral, yang mana metode tersebut tidak efektif dalam pembelajaran. Dari sinilah peneliti mencoba melakukan penelitian eksperimen pengaruh metode Qawa’id Tarjamah terhadap pembelajaran Membaca al-Mabadi’ Fiqhiyah kelas IV (empat) di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Gempol untuk mengetahui hasil pembelajaran bagi kelompok kontrol tanpa metode Qawa’id Tarjamah dan kelompok eksperimen dengan metode Qawa’id Tarjamah serta untuk mengetahui adakah pengaruh dari metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen pada dua sampel yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (posttest – only design). Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan untuk penggalian data adalah observasi, tes (tes untuk kelompok eksperimen dan tes untuk kelompok control), dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa metode Qawa’id Tarjamah berpengaruh terhadap pembelajaran membaca kitab Santri Kelas IV (empat) Madrasah Diniyah Nurul Hidayah. Berdasarkan hasil akhir dari T-test sig (2 tailed)= 0,037. Jika Paired Sampel Correlations menunjukkan bahwa Sig (2 tailed)= >0,05 adalah Ho diterima. Ini berarti bahwa ada perbedaan nilai antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam pembelajaran Membaca al-Mabadi’ Fiqhiyah, perbedaan kedua kelompok signifikan. Oleh karena itu metode Qawa’id Tarjamah layak digunakan dalam materi pembelajaran Membaca al-Mabadi’ Fiqhiyah khususnya pada materi الحج والعمرة. Dari penelitian ini, penulis memberi saran kepada kepala madrasah diniyah atau dewan asatidz untuk mengamati metode yang digunakan. Dan pelajaran Qira’atul Kitab lebih baik tidak hanya menggunakan metode ceramah atau aural oral saja tetapi juga menggunakan metode Qawa’id Tarjamah atau metode variatif lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHasan Syaiful Rijal, M. Pd.I, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 23 Dec 2018 09:03
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item