PENGARUH METODE AUDIOLINGUAL DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM TERHADAP SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL KHOIR KARANGREJO PURWOSARI PASURUAN

M. Yunan Silahul Hilmy, 201486020016 (2018) PENGARUH METODE AUDIOLINGUAL DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM TERHADAP SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL KHOIR KARANGREJO PURWOSARI PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (cover.pdf)
cover.pdf

Download (342kB)
[img] Text (الباب الخامس.pdf)
الباب الخامس.pdf

Download (954kB)
[img] Text (الباب الرابع.pdf)
الباب الرابع.pdf

Download (550kB)
[img] Text (الباب السادس.pdf)
الباب السادس.pdf

Download (502kB)
[img] Text (فصل الأولى.pdf)
فصل الأولى.pdf

Download (642kB)
[img] Text (فصل الثالث.pdf)
فصل الثالث.pdf

Download (917kB)
[img] Text (2.pdf)
فصل الثانى_2.pdf

Download (960kB)
[img] Text (مراجع.pdf)
مراجع.pdf

Download (191kB)

Abstract

Metode audiolingual adalah metode yang mengutamakan pengulangan. Cara tersebut dilakukan untuk efisiensi waktu dalam belajar bahasa.. Metode ini digunakan berdasarkan prinsip-prinsip teori behavioristik.. Maharah kalam adalah suatu kemampuan berbahasa dalam berbicara. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh metode audiolingual dalam pembelajaran maharah kalam pada siswa MI Miftahul Khoir Purwosari. Metode kuantitatif yaitu metode yang data penelitiannya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Metode eksperimen digunakan dengan membagi sample menjadi 2 bagian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian dianalisis dengan sample paired statistik. Berdasarkan hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoir Karangrejo Purwosari Pasuruan menunjukkan bahwa metode audiolingual yang dilakukan selama 5 kali pertemuan. Setiap pertemuan melakukan penerapan metode audiolingual untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol tidak. Kesimpulan analisis data dari hasil dua tes menggunakan kode tes t-tes dalam SPSS, menunjukkan hasil dari sample paired correlations yaitu perbedaan antara 2 sample 14,0008 dengan 0,000 adalah kurang dari 0,05. Dalam arti bahwa antara tidak menggunakan metode dengan menggunakannya dapat diterima (memiliki pengaruh yang signifikan). Peneliti mengetahui bahwa dalam proses penggunaan metode audiolingal dalam pembelajaran maharah kalam memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu siswa mampu berbicara lebih interaktik dengan menngunakan bahasa Arab. Kekurangannya yaitu kurangnya jam pelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa yang masih belum mampu membaca tulisan Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur Rokhmatullah. M.Si, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 20 Aug 2018 15:07
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item