Nabila Qur'ani, 201486020020 (2018) IMPLEMENTASI METODE AUDIOLINGUAL DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA KELAS X DI MA WALI SONGO PURWOSARI PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
![]() |
Text (bab 1.pdf)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 2.pdf)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 3.pdf)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 4.pdf)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 5.pdf)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 6.pdf)
bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
![]() |
Text (cover.pdf)
cover.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text (المراجع العربية.pdf)
المراجع العربية.pdf Download (277kB) |
Abstract
Pembelajaran kosakata di Madrasah Aliyah Walisongo kelas X Purwosari Pasuruan tergolong cukup menarik. Adanya pembelajaran kosakata bertujuan agar para siswa memiliki perbendaharaan kosakata yang memadahi sehingga dapat menggunakannya dalam pembelajaran bahasa Arab juga sebagai alat untuk memudahkan para siswa dalam mendalami sumber ajaran agama Islam. Metode yang digunakan yaitu Audiolingual. Metode ini mengutamakan ear training dan speak training. Yaitu cara menyajikan pelajaran bahasa asing melalui latihan-latihan mendengarkan kemudian diikuti dengan latihan-latihan mengucapkan kata-kata dan kalimat dalam bahasa asing yang sedang dipelajari. Metode ini dapat dikatan gabungan dari dua metode, natural dan reading. Metode mengajar ini merupakan cara dan usaha yang dilakukan oleh guru Madrasah Aliyah dengan sengaja dan secara sadar agar siswa dapat mengingat dan menghafal fakta, data, atau konsep, untuk digunakan dalam kehidupan nyata. Untuk itu, di dalam skripsi ini ada beberapa hal yang menjadi titik tekan pada pembahasan adalah: 1. Bagaimana implementasi metode audiolingual dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa kelas X di MA Wali Songo Purwosari Pasuruan? dan 2. Apa kendala yang dihadapi dalam implementasi metode audiolingual dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa kelas X di MA Walisongo Purwosari Pasuruan?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan dalam mencari dan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di MA Walisongo Purwosari Pasuruan. Dari hasil penelitian, implementasi metode audiolingual dalam pembelajaran kosakata kelas X di MA Wali Songo adalah pertama, guru memulai pelajaran sebagaimana pada materi atau bab yang akan disampaikan. Dengan cara guru membaca dan mengulangi kata atau kalimat. Kedua, siswa mendengar dan menirukan ucapan guru serta diulang berkali kali. Ketiga, guru memberitahu dan menuliskan arti di papan tulis dan siswa menulis kosakata yang dilafalkan tadi. Keempat, guru memberikan tugas pada buku LKS dan juga memberikan sedikit permainan tebak kata atau yang lainnya untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami tentang kosakata yang disampaikan. Kesulitan dalam implementasi metode audiolingual adalah sebagian siswa yang bergurau, kurang antusias mengikuti pelajaran karena mereka menganggap bahasa arab itu sulit. Selain itu, alokasi waktu dalam pembelajaran bahasa arab juga kurang efektif. Karena dilaksanakan pada jam akhir. Dan yang utama adalah masih kekurangan media (sound system) serta tidak adanya laboratorium bahasa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa > Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2018 15:10 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:25 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |