Pembelajaran bahasa Arab berbasis nyanyian dan permainan pada kelas 1 Madrasah Diniyah Darut Taqwa tahun 2017-2018

Muhammad Faqihuddin Muwaffaq, 201486020002 (2018) Pembelajaran bahasa Arab berbasis nyanyian dan permainan pada kelas 1 Madrasah Diniyah Darut Taqwa tahun 2017-2018. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (bab 1.pdf)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2.pdf)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3.pdf)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4.pdf)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5.pdf)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (bab 6.pdf)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (bagian awal skripsi 1.pdf)
bagian awal skripsi 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (lampiran.pdf)
lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien, maka dibutuhkan komponen-komponen yang saling berhubungan dan berpengaruh satu sama lain. Komponen-komponen tersebut diantaranya tujuan, metode,media, materi dan evaluasi pengajaran. Metode dan media pengajaran dipilih berdasarkan tujuan dan bentuk materi yang telah ditetapkan sebelumnya. Berangkat dari asumsi tersebut, maka peneliti berusaha meneliti pembelajaran bahasa Arab berbasis nyanyian dan permainan kelas 1 A Madrasah Diniyah Darut Taqwa tahun 2017-2018. (1) Bagaimana implementasi pembelajaran bahasa Arab (2) Faktor pendukung dan penghambat, berbasis nyanyian dan permainan kelas 1 A Madrasah Diniyah Darut Taqwa tahun 2017-2018. Berdasarkan rumusan masalah di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Maka pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari informan kunci yang mengetahui jelas dan rinci mengenai permasalahan yang diteliti. Sedangkan data sekunder bersumber dari catatan dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan bersama pengumpulan data. Kemudian dilakukan triangulasi, diskusi teman sejawat dan member chek. Hasil penelitian (1) Implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis nyanyian dan permainan pada kelas 1 A Madrasah Diniyah tahun 2017-2018, menggunakan kitab Ro'sun Sirah dan Qiro'atul ‘Ashriyah dan nyanyian bahar danmode dan permainan ular tangga dan yel-yel. (2) Hambatan pembelajaran, siswa berasal dari daerah berbeda memiliki sifat yang berbeda ada yang baik dan buruk ikut pantangan, menjadikan mereka tidak suka pelajaran, menghafal apalagi bahasa Arab hingga empat bulan terjadi stagnan dan tidak ada media dan kekurang bangku kursi siswa. Faktor pendukungapabila pembelajaran dibuat be yanyi dan bermain mereka lebih senang, dan adanya komunikatif antara guru dan siswa, dan peneliti membantu dalam menyiapkan prosedur pembelajaran. Dari temuan penelitian ini, agar pembelajaran bahasa Arab yang efektif dan efisien. Saran bagi pihak lembaga hendaknya memberi dukungan penuh adanya lingkungan pembelajaran bahasa Arab dan menyediakan fasilitas yang mendukung pembelajaran seperti pembimbing yang inten dan berkualitas, sarana dan prasarana serta media yang dapat mendukung pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. H. Saifullah MHI., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 23 Sep 2018 15:59
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item