EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA NURUL JADID WEDORO PANDAAN PASURUAN

Achmad Fathul Bari, 201386020020 (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA NURUL JADID WEDORO PANDAAN PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (COVER, DAN DAFTAR ISI.pdf)
COVER, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (806kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (311kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang disampaikan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan minat belajar. Dalam penggunaan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah siswa dalam menerima dan memahami pelajaran. Peneliti bertujuan untuk menjelaskan 1. Bagaimana proses Pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Media Audio Visual siswa di kelas XI MA Nurul Jadid Wedoro Pandaan Pasuruan? 2. Bagaimana Efektifitas dalam meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas XI MA Nurul Wedoro Pandaan Pasuruan dengan menggunakan Audio Visual? Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MA Nurul Jadid Wedoro Pandaan Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, adapun teknik yang digunakan oleh peneliti yaitu: observasi, wawancara, tes uji materi pelajaran berbentuk pilihan ganda serta dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian sebelum menggunakan media audio visual peneliti melakukan uji tes dengan menggunakan soal yang terdapat dalam LKS dengan hasil yang minim kurang dari 50. Setelah dilakukan dengan menggunakan media audio visual hasil tes mempunyai tingkat efektifitas yang signifikan terhadap minat belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil uji tes siswa kelas XI IPS sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 66,3 dan hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual yang di aplikasikan dalam bentuk power point, karena dari hasil wawancara menyebutkan bahwa media audio visual berbasis power point sangat mempermudah mereka untuk memahami materi tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMOCHAMAD HASYIM, M.Pd.I, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 21 Dec 2018 15:14
Last Modified: 02 Mar 2022 06:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item