Negative labeling dengan konsep diri anak

Faizatur Rahmawati, 201469110008 (2018) Negative labeling dengan konsep diri anak. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (1. COVER.pdf)
1. COVER.pdf

Download (347kB)
[img] Text (2. BAB I.pdf)
2. BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (3. BAB II.pdf)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (4. BAB III.pdf)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (5. BAB IV.pdf)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (6. BAB V.pdf)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (7. DAFTAR PUSTAKA.pdf)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text (8. LAMPIRAN.pdf)
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

FAIZATUR RAHMAWATI. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 07 Juli 2018. Negative Labeling Dengan Konsep Diri Anak. Pembimbing, Lailatuzzahro. A.A, S.Psi.,M.Psi. Meningkatnya jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh anak merupakan bukti bahwa pada usia kanak-kanak juga mulai bisa mengalami penurunan atau degradasi moral. Terjadinya degradasi moral tidak lepas dari semakin menurunnya kualitas konsep diri yang dimiliki oleh generasi penerus saat ini. Menurunnya konsep diri anak pada saat ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya pemberian cap, label, julukan yang buruk kepada anak atau disebut juga negative labeling. Berbagai label negatif yang diterima oleh seorang anak menyebabkan anak tersebut memiliki konsep diri yang negatif dan cenderung menjerumuskan diri pada apa yang dilabelkan kepadanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan negative labeling dengan konsep diri anak. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan negatif antara negative labeling dengan konsep diri anak. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 01 Ngadimulyo Sukorejo kabupaten Pasuruan yang berjumlah 320 anak, untuk pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik kuota sampling sehingga menghasilkan jumlah sampel penelitian sebanyak 74 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yakni skala negative labeling yang berisikan 21 aitem pe yataan dan skala konsep diri yang berisikan 20 aitem pe yataan. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwasannya harga koefisien korelasi rxy lebih besar dari r tab 1% yaitu sebesar = -0.6209, maka dapat dikatakan terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara negative labeling dengan konsep diri anak. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat dinyatakan bahwasannya hipotesis yang di ajukan oleh peneliti diterima yaitu ada hubungan negatif antara negative labeling dengan konsep diri anak. Artinya ketika tingkat negative labeling yang diterima oleh anak tinggi maka konsep diri yang terbentuk pada anak rendah. Begitupun sebaliknya, jika tingkat negative labeling yang diterima oleh anak rendah maka konsep diri yang terbentuk akan tinggi atau cenderung kearah positif. Hasil perhitungan korelasi menunjukkan bahwa negative labeling memiliki sumbangan sebesar 38,55% pada tingkat konsep diri yang dimiliki oleh anak, sedangkan 61,45% dari faktor yang lain. Artinya selain dari faktor negative labeling yang didapatkan oleh anak, kemungkinan faktor-faktor yang lain lebih berpengaruh terhadap tingkat konsep diri anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 153.4 RAH N
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLailatuzzahro Al-Akhda Aulia, S.Psi.,M.Psi, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Filsafat & Psikologi > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Date Deposited: 08 Oct 2018 14:13
Last Modified: 02 Mar 2022 06:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item View Item