Dukungan Keluarga dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Universitas Yudharta Pasuruan, Lailatuzzahro Akhda Aulia (2022) Dukungan Keluarga dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11 (4). ISSN 2657-0963

[img] Text
11. Peran Dukungan Keluarga.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Masa pandemi yang terjadi memberikan dampak pada seluruh aspek kehidupan, salah satunya dalam pendidikan. Tidak dapat dipungkiri jika sistem pembelajaran daring yang diterapkan memberikan dampak kepada motivasi belajar siswa. Adanya motivasi akan memberikan semangat sehingga siswa akan mengetahui arah belajar. Fenomena motivasi belajar rendah yang semakin meningkat di masa pandemi ini pada akhirnya menjadi penting untuk dibahas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran dukungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa di masa pademi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Variabel penelitian diukur dengan menggunakan skala psikologi yaitu skala motivasi belajar yang berjumlah 26 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,743 dan skala dukungan keluarga yang berjumlah 30 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,880. Subjek penelitian adalah 75 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisa data menunjukkan F = 14,339 dengan p = 0,000, artinya ada peran dukungan keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan sumbangan sebesar 16,4%. Koefisien korelasi bernilai positif, dapat disimpulkan jika dukungan keluarga memberikan pengaruh secara positif dalam meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDUniversitas Yudharta Pasuruan, Lailatuzzahro Akhda AuliaUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat & Psikologi > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:26
Last Modified: 22 Jan 2024 06:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item