IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME 2D EDUKASI SILSILAH KELUARGA NABI MUHAMMAD SAW BERBASIS ANDROID

Saiful Anwar, 201469040065 (2018) IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME 2D EDUKASI SILSILAH KELUARGA NABI MUHAMMAD SAW BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (Cover.pdf)
Cover.pdf

Download (443kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (81kB)

Abstract

Belajar merupakan kegiatan yang menjadi ibadah apabila yang dipelajari adalah kebaikan. Belajar mengenai sejarah yang berhubungan dengan silsilah keluarga nabi Muhammad SAW merupakan hal yang sedikitnya harus diketahui seorang umat muslim dan muslimah.. Pada tahun 2016 peneliti Binar Ku ia Sari telah merancang penelitian dengan judul “Rancang Bangun Multi Platform Edugame untuk Sejarah Khulafaurrasyidin� tentang game edukasi tentang sejarah khulafaurasyidin dengan platform Construct 2 berbasis HTML yang membahas tentang pembelajaran sejarah 4 sahabat nabi. Pada penelitian ini merancang sebuah game edukasi dengan metode FSM berbasis android bergenre petualangan dengan sub genre simulasi dan menggunakan grafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan tool Unity 3D dan Bahasa pemograman C# (Sharp) serta menjadi bentuk game yang dipilih untuk memudahkan dalam pembelajaran sejarah silsilah keluarga Nabi Muhammad SAW dengan memasukkan soal-soal Sirah Nabawiyah sebagai konten pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah terealisasikan suatu game dengan metode Finite State Machine (FSM) digunakan untuk menentukan respon karakter non-player character yang berbeda tergantung dari interaksi yang dilakukan oleh pemain dan menghasilkan rancangan perangkat lunak yang baik dengan tingkat Functionality sebesar 83.6%, Efficiency sebesar 74%, Usability sebesar 76%, dan Portability sebesar 88%. Persentase total dari pengujian beta untuk kualitas perangkat lunak adalah 77,06 % (Layak)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 005.5 ANW I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorCahya Bagus Sanjaya, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Ilmu Umum dan Komputer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Date Deposited: 07 Dec 2018 08:24
Last Modified: 02 Mar 2022 06:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item