Pengaruh Beban Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Sengonagung–Bakalan Pada Perkerasan Lentur (Flexible Pavement)

Nida Muhammad, 201969010040 (2023) Pengaruh Beban Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Sengonagung–Bakalan Pada Perkerasan Lentur (Flexible Pavement). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (Surat%20Plagiasi.pdf)
201869030023_Surat Plagiasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstark.pdf)
201969010040_Abstark.pdf

Download (793kB)
[img] Text (BAB%20I.pdf)
201969010040_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB%20II.pdf)
201969010040_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20III.pdf)
201969010040_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20IV.pdf)
201969010040_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20V.pdf)
201969010040_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar%20Pustaka.pdf)
201969010040_Daftar Pustaka.pdf

Download (395kB)

Abstract

Jalan sengonagung-bakalan merupakan jalan alternatif menuju wonorejo pasuruan yang selalu di lalui kendaraan berat untuk menghindari kemacetan di jalur surabaya-malang serta jalur ini merupakan jalur wisata dan industri Volume lalu lintas dengan adanya beban kendaraan yang selalu melewati jalur ini merupakan faktor penyebab terjadinya kerusakan jalan perkerasan lentur yang lebih cepat dari umur rencana yang telah ditentukan pada awal perencanaan. Perkerasan lentur pada jalan sengonagung bakalan rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh beban kendaraan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh bebankendaraan terhadap tingkat kerusakan jalan pada perkerasanlentur. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode bina marga No. 018/ T/ BNKT/ 1990 tahapan penelitian mengumpulkan data beban kendaraan dan tingkat kerusakan jalan pada beberapa ruas jalan yang memiliki perkerasan lentur di jalan sengonagung-bakalan. Hal ini disebabkan oleh beban kendaraan yang dihasilkan oleh kendaraan yang berat dan berulang-ulang melintasi jalan tersebut. Hasil Penelitian kendaraan bermuatan berlebih yang melewati ruas Jalan sengonagung – bakalan kendaraan berat yaitu MC (Motor Cycle) dengan jumlah total 1921, jumlah jenis kendaraan LV (Low Vehicle) yang berjumlah 952,dan HV (Heavy Vehicle) yang berjumlah 125,Jumlah LHR di Jalan Sengonagung bakalan sebesar 2072 smp/hari.kelas jumlah kendaraan LHR tertinggi sebesar 664.3 smp/hari yang masuk kedalam nilai kelas jalan 4. Vehicle damage factor kumulatif berdasarkan Bina Marga (1987) pada ruas jalan sengonagung – bakalan diperoleh untuk golongan 2 sebesar 347480 kips dan golongan 4 sebesar 45625 kips, Persentase kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan sebesar 34.04 % termasuk dalam kategori kerusakan sedang dengan nilai 5, Jenis kerusakan jalan yang terjadi pada jalan yang diteliti yaitu Retak, Amblas, Tambalan dan Lubang.Dari analisis data dan pembahasan pada ruas jalan sta 0+000 s/d 0+200 di dapatkan bahwa Tingkat kerusakan atau nilai Urutan Prioritas (UP) yang didapat adalah 10 yang berarti ruas jalan sengonagung-bakalan masuk kategori pemeliharaan rutin.Untuk dimasa yang akan datang dilakukan perbaikan dengan Metode penanganan kerusakan yang dilakukan di ruas jalan sengonagung – bakalan adalah pengaspalan (P2), penambalan lubang (P5) dan perataan (P6).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 625.7 MUH P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDian Kusumaningsih, S.T., M.T, ㅤUNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Date Deposited: 01 Oct 2023 12:34
Last Modified: 22 May 2024 06:07
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/4162

Actions (login required)

View Item View Item