IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBANGUN KERUKUNAN BERAGAMA PESERTA DIDIK

Anan, Asrul (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBANGUN KERUKUNAN BERAGAMA PESERTA DIDIK. Pendidikan Multikultural.

[img] Text
6702-17340-2-PB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)

Abstract

Abstrak Nilai-NilaiMultikultural di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tosari dan Sekolah Menengah Atas SPI memiliki nilai yang sama, walaupun terletak pada basis lingkungan yang berbeda. Adapun nilai tersebut meliputi; keimanan, ketaqwaan, keikhlasan, syukur, sabar, demokrasi,keadilan, kesetaraan, inklusif, kemanusiaan, taaruf, tasamuh, ta‟wun, tawazun, kekeluargaan, cinta tanah air dan nasionalisme. Proses Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Membangun Kerukunan Beragama Peserta didik sama-sama melalui: (a) moral knowing (b) moral feeling, (c) moral action, dan (d) moral transenden. Model internalisasi nilai di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tosari dalam bentuk sinergitas lingkungan masyarakat dengan lingkungan sekolah yang sangat kuat sehingga mampu membentuk karakter siswa dalam membangun kerukunan beragama peserta didik. Sedangkan model internalisasi di Sekolah Menengah Atas SPI Batu dilakukan melalui sinergi kegiatan dan program yang ada di (1) asrama, (2) kelas, (3) lingkungan sekolah, (4) transformer center, dan(5) spiritual garden, yang dibiasakan secara integrative melalui metode penilaian PAKSA. Kata kunci:implementasi, berbasis multikultural, kerukunan beragama

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsEmail
AuthorAnan, AsrulUNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 14 Dec 2020 04:53
Last Modified: 14 Dec 2020 04:53
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item