Denis Saputra, 201686010053 (2020) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN ASWAJA NAHDLATUL ULAMA : Study Kasus Di Madrasah Diniyah Shobibur Rohmat Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201686010053_BAB I.pdf Download (466kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201686010053_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201686010053_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201686010053_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201686010053_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201686010053_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010053_COVER DEPAN.pdf Download (681kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010053_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Prestasi Hasil Belajar Pendidikan Aswaja Nahdlatul Ulama Kelas IV Madrasah Diniyah Ketuwon Sumberrejo. Kajian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam proses kegiatan belajar mengajar, bagaimana cara penyampaian materi kepada peserta didik secara optimal dan efektif sehingga tercipta interaktif edukatif antara pendidik dan peserta didik. Kurangnya minat guru dalam variasi penggunaan metode mengajar membuat peserta didik merasa jenuh dalam proses kegiatan belajar mengajar, hasilnya upaya peningkatan mutu pengajaran tidak berjalan secara optimal dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitiasn eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap prestasi hasil belajar pendidikan Aswaja Nahdlatul Ulama kelas IV Madrasah Diniyah Shobibur Rohmat Ketuwon Sumberrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa siswa kelas IV Madrasah Diniyah Shobibur Rohmat dan Variabel terikat berupa prestasi hasil belajar siswa, subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Madrasah Diniyah shobibur Rohmat berjumlah 19 siswa dan sampel dalam penelitian ini mengambil seluruh siswa kelas IV Madrasah Diniyah Shobibur Rohmat yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Pengujian persyaratan hipotesis menggunakan uji t (Independent Sample T-Test). Hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan antara hasil belajar menggunakan metode resitasi dengan metode konvensional, nilai belajar siswa menggunakan metode konvensional sebesar 63,42 dan setelah menggunakan metode resitasi sebesar 76,05. Perbedaan hasil belajar menggunakan metode resitasi sebesar 19%. Dapat disimpulkan metode resitasi dapat mempengaruhi prestasi hasil belajar siswa, analisis hasil tes siswa di uji menggunakan uji t dengan perolehan t hitung 8,715.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 SAP P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2020 14:30 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:33 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/629 |
Actions (login required)
View Item |