PRINSIP KEBEBASAN BELAJAR IMAM AL-GHOZALI DALAM SISTEM AMONG PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA

Moch. Badrun Nafi’Udin, 201686010024 (2020) PRINSIP KEBEBASAN BELAJAR IMAM AL-GHOZALI DALAM SISTEM AMONG PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010024_BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010024_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010024_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010024_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010024_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010024_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010024_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010024_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan yang sangat kompleks. Hampir seluruh dimensi kehidupan manusia terlihat dalam proses pendidikan, baik secara langsung, maupun tidak langsung. Dalam kondisi apapun manusia tidak dapat menolak efek dari penerapan pendidikan. Pendidikan juga merupakan suatu proses di dalamnya menemukan transformasi baik dalam diri maupun komunitas. Oleh sebab itu, proses pendidikan yang benar adalah membebaskan seseorang dari berbagai kungkungan, intimidasi dan eksploitasi. Konteks penelitian dalam karya ilmiah ini adalah, membahas 1. bagaimana prinsip kebebasan belajar Imam Al-Ghazali. 2. bagaimana prinsip sistem among perspektif Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Reseacrh), dengan membahas bagaimana prinsip kebebasan belajar Imam Al-Ghazali dan bagaimana prinsip sistem among prespektif Ki Hajar Dewantara. Pengumpulan data dilakukan dengan buku-buku dan kitab-kitab kuning, ju al, skripsi, dan karya ilmah lainya yang ada kaitanya dengan pembahasan diatas. Analisis data dilakukan dengan pembahas isi (Content Analysis) yang teerkadang dalam buku dan kutab. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan Kredibilitas (Credibilty). Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa, 1. Prinsip dasar kebebasan belajar Imam Al-Ghazali dapat diartikan sebagai suatu usaha sadar yang mengarahkan pada terciptanya prilaku lahir dan batin melakukan kebaikan dan menjahui keburukan, memiliki kepribadian utuh baik kepada dirinya sendiri atau selain dirinya. 2. prinsip sestem among Ki Hajar Dewantara pada pelaksanaan belajar di bangku sekolah Ki Hajar Dewantara, menggunakan “Sistem Among�. Dalam sistem among maka setiap guru (pamong) sebagai pemimpin dalam proses pendidikan diwajibkan bersikap: Ing Ngarsa Sun Tuladha, Ing Madya Mangun Kasra, Tut Wuri Handhayani

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.092 NAF P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiwin Fachrudin Yusuf, S.Ag., MA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 08 Aug 2020 13:09
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item