Peran Pendidikan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Pada Anak Di Desa Durensewu Pandaan

Masrifatul Ula, 201686010046 (2020) Peran Pendidikan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Pada Anak Di Desa Durensewu Pandaan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010046_BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010046_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010046_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010046_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010046_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010046_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010046_COVER DEPAN.pdf

Download (947kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010046_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai toleransi sangatlah penting demi membentuk pribadi setiap anak agar memiliki sikap lemah lembut, gotong royong, saling memahami, saling menghormati dan saling mengasihi dalam lingkungan bermasyarakat apalagi dalam lingkungan yang memiliki latar belakang masyarakat yang berbeda agama. Penanaman nilai-nilai toleransi menjadi solusi yang tepat untuk mempersiapkan perkembangan anak dalam hidup sosial bermasyarakat. Maka dari itu keluarga atau orang tua sangatlah memiliki peran penting dalam hal ini, karena keluarga merupakan individu yang dikenal pertama kali dalam menanamkan segala hal agar anak anak mereka memiliki pribadi yang baik untuk dirinya sendiri dan orang lain. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran keluarga dalam menanamkan nilai-nilai tasamuh pada anak di desa Durensewu? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung yang muncul dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada anak di desa Durensewu?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran, faktor penghambat dan pendukung pendidikan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada anak di desa Durensewu kecamatan Pandaan kabupaten Pasuruan. Pendekatan yang dilakukan dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara terbuka dan dokumentasi, sedangkan sumber pengumpulan datanya menggunakan data primer yaitu hasil wawancara dengan salah satu keluarga muslim & Kristen dan juga menggunakan data sekunder yang berupa dokumen data desa dan buku-buku yang mendukung dalam penelitian ini. Hasil penenlitian mengungkapkan bahwa:1) pendidikan keluarga sangatlah berperan dalam menanamkan nilai toleransi pada anak. dalam memiliki peran keluarga melakukan berbagai upaya yang dilakukan seperti halnya: a) memberikan kebebebasan kepada anak bergaul dengan teman yang tidak seagama b) memberikan contoh bersikap toleransi ke orang lain. 2) Faktor pendukungnya yaitu: a) adanya sesama orang tua di lingkungan dusun klagen yang sama-sama menanamkan nilai toleransi pada anak. b) sudah adanya penanaman nilai toleransi yang diajarkan di lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya sendiri yaitu:a) banyaknya anak yang lebih memilih sibuk dengan gedget dan menonton tv di rumah. b)faktor penghambat lainnya yaitu adanya beberapa keluarga yang lebih memilih berdiam diri dirumah dan jarang bergaul dengan tetangga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.64 ULA P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Ahmad Marzuki, S.PdI , M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Thesis advisorDr. M. Anang Sholikhudin, S. Pdi., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 02 Aug 2020 07:04
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item