Hanny Eka Larasati, 201686010078 (2020) Komunikasi Antar Pribadi Guru PAI dalam Proses Belajar Mengajar PAI di SMKN 1 Purwosari. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201686010078_BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201686010078_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201686010078_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201686010078_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201686010078_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201686010078_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010078_COVER DEPAN.pdf Download (824kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010078_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
Abstract
Komunikasi Antar Pribadi, Guru PAI, Proses Belajar Mengajar PAI Proses pembelajaran bisa disebut dengan proses yang saling aktif antara pendidik dan peserta didik, yang mana pendidik membawa peserta didiknya mengikuti berbagai kegiatan dalam proses belajar mengaja ya. Dengan adanya interaksi tersebut serta bahan ajar akan bisa membangun pengertian dari materi pembelajaran yang didapatkannya. Dalam proses pembelajaran tersebut berlangsunglah proses komunikasi antar pribadi antara pendidik dan peserta didik yang dapat membentuk suasana belajar yang lebih baik serta dapat mendorong motivasi dan keinginan belajar peserta didik, hal ini merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran dan peningkatan mutu pembelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui komunikasi antar pribadi guru PAI dalam proses belajar mengajar PAI di SMKN 1 Purwosari, 2) Mengetahui tanda–tanda keefektifan komunikasi antar pribadi guru PAI dalam proses belajar mengajar PAI di SMKN 1 Purwosari, 3) Mengetahui hambatan–hambatan komunikasi antar pribadi guru PAI dalam proses belajar mengajar di SMKN 1 Purwosari. Untuk mencapai tujuan dari penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian di laksanakan di SMKN 1 Purwosari, dengan subyek penelitian adalah guru PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara/interview, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan pengujian kredibilitas, keteralihan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Komunikasi antar pribadi guru PAI dalam proses belajar mengajar PAI di SMKN 1 Purwosari yang dilaksanakan guru PAI dan peserta didik berjalan dengan baik, 2) Tanda-tanda keefektifan komunikasi antar pribadi guru PAI dalam proses belajar mengajar PAI di SMKN 1 Purwosari adalah bisa menimbulkan lima hal: Pengertian, Kesenangan, Pengaruh pada sikap, Hubungan yang makin baik, dan tindakan. Dan kelima hal tersebut bisa dilihat dari kegiatan proses pembelajaran dan kegiatan diluar proses pembelajaran, 3) Hambatan–hambatan komunikasi antar pribadi guru PAI dalam proses belajar mengajar di SMKN 1 Purwosari adalah timbul dari faktor latar belakang peserta didik dan pendidik seperti: keadaan psikologi, kurangnya pemahaman, kurangnya pengertian, komunikasi bersifat satu arah, faktor teknis cara penyampaian pesan, prasangka buruk, bahasa, dan kesalah fahaman penilaian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.102 LAR K | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2020 10:20 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:34 | |||||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
View Item |