INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMKELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PASURUAN

Makrus, 2016861320033 (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMKELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PASURUAN. Magister thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
2016861320033_BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
2016861320033_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
2016861320033_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
2016861320033_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
2016861320033_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
2016861320033_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
2016861320033_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
2016861320033_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)

Abstract

JUDUL: INTERNALisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Di MI Negeri 2 Pasuruan. Penulis: Makrus. NIM: 2016861320033 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh luntu ya rasa toleransi dalam menghadapi perbedaan di tengah-tengah masyarakat. Selain itu juga ada indikasi mulai luntu ya nilai-nilai multikulturalisme di kalangan peserta didik, karena kurangnya usaha yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai multikulturalisme pada pesrta didik di lingkungan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses yang dilakukan oleh guru dalam rangka INTERNALisasi nilai-nilai multikulturalisme, dan hasil dari usaha INTERNALisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasuruan, mulai bulan Pebruari sampai Juli 2019. Subyek penelitian adalah guru PAI kelas VI, didukung oleh informan yaitu kepala madrasah, waka madrasah dan peserta didik. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses INTERNALisasi nilai-nilai multicultural dalam pembelajaran PAI di kelas VI MIN 2 Pasuruan, menggunakan model pengajaran aktif dan komunikatif dengan metode diskusi dan tanya jawab. Bagian pendukungnya adalah visi dan misi madrasah menyelenggarakan pendidikan tanpa diskriminasi, program-program madrasah mendukung penanaman nilai-nilai multicultural. Selanjutnya guru memberi tugas kepada peserta didik secara berkelompok melalui small group discussion mengenai penerapan PAI. Pada momen ini guru mulai menanamkan nilai-nilai multikultural secara dua arah, karena terjadi interaksi dan diskusi, Selanjutnya guru meminta siswa mempresentasikan hasil resume dan diskusi. Kemudian guru membahas hasil diskusi, merefleksi dan mengambil kesimpulan, agar siswa lebih mendalami nilai-nilai yang telah dipelajari agar terbentuk sikap mental dan kepribadian siswa di luar kelas yang saling menghargai, inklusif, humanis dan toleran, Sehingga telah tampak nilai-nilai multicultural pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 370.117 MAK I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. H. Munif, M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2)
Date Deposited: 07 Dec 2020 10:09
Last Modified: 02 Mar 2022 06:35
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item