Miftahul Huda, 201486020003 (2020) Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk (Studi Kasus Pembelajaran Terjemah Pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang di Markaz Lisan Arabi Singosari-Malang. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201486020003_BAB I.pdf Download (649kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201486020003_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201486020003_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201486020003_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201486020003_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201486020003_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201486020003_COVER DEPAN.pdf Download (881kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201486020003_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk merupakan pembelajaran terjemah yang terdapat Markaz Lisan Arabi dan digunakan apabila ada mahasiswa yang hendak belajar tentang terjemah. Dari Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk ini, mampu menjadikan mahasiswa yang belajar terjemah menghasilkan produk terjemahan yang layak baca serta terpublikasikan. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk ini dengan rumusan masalah 1) Bagaimana Proses Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk di Markaz Lisan Arabi Singosari-Malang?, 2) Apa Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk di markaz Lisan Arabi Singosari-Malang?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Bagaimana Proses Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk di Markaz Lisan Arabi Singosari-Malang, 2) Untuk Mengetahui Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk di Markaz Lisan Arabi Singosari-Malang. Berdasarkan rumusan masalah di atas, rancangan penelitian menggunakan penelitan kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus. Adapun sumber data dan pengumpulan data diperoleh dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk di Markaz Lisan Arabi terdapat beberapa tahapan, diantara tahapan-tahapan tersebut adalah 1) Tahap tes, 2) Tahap pembekalan, 3) Tahap pengumpulan hasil terjemahan secara bertahap, 4) Tahap pengumpulan keseluruhan hasil terjemahan, 5) Tahap editing dan proofing pra cetak naskah hasil terjemahan. Sedangkan Kelebihan Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk di Markaz Lisan Arabi Singosari-Malang adalah 1) Guru Markaz Lisan Arabi, 2) Fasilitas penerbit, 3) Para mahasiswa bisa membaca dan menterjemah bahasa sumber, 4) Meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang terjemah, 5) Meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang dunia literasi. Adapun Kelemahan Pembelajaran Terjemah Berbasis Produk adalah 1) Fasilitas pembelajalaran, 2) Proses pembelajaran sangat pendek, 3) Program pembelajaran terjemah berbasis produk ini hanya cocok untuk tingkat mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 HUD A | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2020 07:32 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:35 | |||||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/706 |
Actions (login required)
View Item |