IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ADAT BUDAYA JAWA TIMUR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DI KELAS 4 SDN SUMBEREJO III

Mas'udin, 201669040051 (2020) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ADAT BUDAYA JAWA TIMUR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DI KELAS 4 SDN SUMBEREJO III. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201669040051_BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201669040051_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201669040051_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201669040051_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201669040051_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201669040051_COVER DEPAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201669040051_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201669040051_LAMPIRAN.pdf

Download (243kB)

Abstract

pesatnya perkembangan teknologi dapat mendukung perkembangan dunia pendidikan yang memungkinkan pemanfaatan teknologi secara optimal sebagai media pembelajaran termasuk pengenalan adat budaya jawa timur, media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu sebagai pengenalan terhadap anak usia dini dalam pengajaran atau yang sering disebut kurikulum. dalam proses belajar banyaknya alat indra yang digunakan maka akan semakin besar pula pemahaman anak usia dini dalam menerima penyampaian yang disampaikan oleh pengajar atau guru. Untuk itu dilakukan pengembangan media pembelajaran untuk mengenalkan budaya yang ada di jawa timur menggunakan Augmented Reality (AR). metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahap yaitu pengonsepan (concept), perancangan (design), pengumpulan materi (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan pendistribusian (distribution). Dalam pengujian aplikasi ini digunakan metode SPSS yang dapat disimpulkan bahwa hasil dari pengujian ini adalah responden lebih tertarik untuk belajar adat budaya melalui android dibandingkan menggunakan buku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 005.43 MAS I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArif Tri Arsanto, S.Kom, MM, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Ilmu Umum dan Komputer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Date Deposited: 23 Oct 2020 14:02
Last Modified: 02 Mar 2022 06:37
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item